Bursa Eropa 10 Februari Bergerak Kuat, Indeks FTSE Menuju Tertinggi 2 Tahun

404
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Eropa kembali diperdagangkan di zona hijau, dengan indeks utamanya bergerak kuat signifikan pada perdagangan hari Kamis (10/2/2022). Bursa saham Inggris dengan indeks FTSE terpantau sedang cetak keuntungan terbesarnya sejak perdagangan Januari 2020.

Sentimen Investor mencerna laporan kuartalan terbaru sambil menunggu rilis IHK AS  yang dapat memberikan bukti lebih lanjut bahwa Fed akan memperketat kebijakan moneter lebih cepat dari yang diantisipasi.

Di bursa Inggris, indeks FTSE mendapat tambahan dari laporan kuartalan Astra Zeneca dimana laba per saham meningkat menjadi 1,67 USD  dibandingkan dengan ekspektasi pasar sebesar 0,77 USD. AstraZeneca memperkirakan penjualan 2022 lebih tinggi dan meningkatkan dividen tahunan untuk pertama kalinya dalam satu dekade, tetapi juga memperingatkan bahwa dorongan dari produk COVID-19 akan turun.

Di Perancis  saham Societe Generale melonjak 3% lebih setelah melaporkan rekor laba tahunan, demikian saham Siemens di bursa Jerman melonjak 6% lebih setelah perusahaan melaporkan pendapatan kuartal pertama  tumbuh.

Indeks utama bursa Eropa atau Pan European Stoxx 600 sedang bergerak lebih rendah 0,79 poin atau 0,14 persen menjadi 472,26. Indeks bursa saham Jerman atau DAX Jerman menguat 0,48 persen, indeks bursa saham Perancis atau CAC 40 terkoreksi 0,18 persen dan indeks bursa Inggris atau FTSE 100  menguat  0,49 persen.

 

 

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting