Imbal Hasil Treasury AS Turun Mencermati Kenaikan Suku Bunga AS

525

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS turun pada Kamis, mencerna keputusan Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga tahun.

Imbal hasil Treasury 10-tahun turun 3 basis poin menjadi 2,156%. Imbal hasil Treasury 30-tahun bergerak 2 basis poin lebih rendah menjadi 2,43%. Hasil bergerak berbanding terbalik dengan harga dan 1 basis poin sama dengan 0,01%.

The Fed pada hari Rabu menyetujui kenaikan suku bunga acuan seperempat poin persentase, kenaikan pertama sejak 2018.

Pembuat kebijakan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) juga memperkirakan enam kenaikan lagi pada tahun 2022, serta memperhitungkan pengurangan neraca $9 triliun.

Ketua Fed Jerome Powell pada konferensi pers pasca-pertemuannya mengisyaratkan bahwa pengurangan neraca bisa dimulai pada Mei, dan mengatakan prosesnya bisa setara dengan kenaikan suku bunga lain tahun ini.

Anggota FOMC juga meningkatkan ekspektasi inflasi mereka, memperkirakan bahwa indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi tidak termasuk makanan dan energi akan melihat pertumbuhan 4,1% tahun ini, dibandingkan dengan proyeksi 2,7% pada Desember 2021.

Imbal hasil Treasury 10-tahun melonjak menjadi 2,24%, titik tertinggi sejak 2019, tetapi kemudian mundur.

Perkembangan invasi Rusia ke Ukraina juga terus menjadi fokus perhatian investor, dengan laporan kemajuan negosiasi gencatan senjata pada hari Rabu.

Departemen Tenaga Kerja melaporkan Kamis bahwa jumlah klaim pengangguran yang diajukan minggu lalu berjumlah 214.000, lebih baik dari perkiraan Dow Jones sebesar 220.000 dan turun dari 15.000 pada minggu sebelumnya.

Dalam berita ekonomi lainnya, perumahan mulai berjumlah 1,77 juta, sedikit lebih tinggi dari perkiraan 1,7 juta, sementara izin mendirikan bangunan berjumlah 1,86 juta, juga sedikit mengalahkan perkiraan 1,85 juta.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan imbal hasil Treasury AS bergerak lemah dengan adanya kenaikan suku bunga AS dan perkiraan 6 kali kenaikan lagi tahun ini.