Bursa Eropa Akhir Pekan Berakhir Naik; Hasil Pembicaraan Rusia-Ukraina Dinantikan

927
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi untuk memulai kuartal kedua pada hari Jumat, dengan memonitor pembicaraan antara Rusia dan Ukraina.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup naik 0,6%, dengan penambang naik 2,2% untuk memimpin kenaikan karena hampir semua sektor dan bursa utama berakhir di wilayah positif.

Indeks FTSE ditutup naik 0,3%. Indeks DAX berakhir naik 0,22%. Indeks CAC ditutup naik 0,37%.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, perusahaan periklanan Inggris S4 Capital naik lebih dari 11% menjadi lebih dari pulih dari kerugian Kamis, yang terjadi setelah perusahaan menarik hasil kuartalannya karena penundaan audit. Kenaikan terjadi ketika Permian Investment Partners mengungkapkan 3,46% saham di perusahaan tersebut pada 31 Maret.

Di bagian bawah indeks, perusahaan perhotelan Prancis Sodexo turun lebih dari 9% setelah menurunkan perkiraan pertumbuhannya.

Pembicaraan antara Rusia dan Ukraina sejauh ini masih dinantikan, dengan Kyiv dan sekutu Baratnya tetap skeptis terhadap niat Moskow dan legitimasi komitmennya untuk mundurnya sebagian militer di Ukraina utara.

Di Wall Street, saham sedikit berubah pada hari Jumat karena laporan pekerjaan resmi Departemen Tenaga Kerja untuk bulan Maret menunjukkan gaji naik 431.000 meskipun ada kekhawatiran atas perlambatan ekonomi.

Di sisi data di Eropa, inflasi zona euro dipercepat pada bulan Maret ke rekor tertinggi baru, pembacaan baru menunjukkan pada hari Jumat, datang pada 7,5% tahunan dibandingkan dengan perkiraan konsensus Dow Jones sebesar 6,9%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati hasil pembicaraan Rusia dan Ukraina dan pergerakan bursa Wall Street.