TIngkat Inflasi Tahunan AS Melonjak Lagi, Tertinggi dalam 4 Dekade

367
wall street
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy) –  Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat hari Selasa (12/4/2022) melaporkan indeks harga konsumen atau tingkat inflasi negara tersebut melonjak di periode bulan Maret. Dan secara tahunan tingkat inflasi AS ini menunjukkan pertumbuhan tercepat dalam 4 dekade lebih.

Indeks harga konsumen melonjak 1,2 persen pada Maret setelah naik 0,8 persen pada periode bulan Februari. Kenaikan tajam harga konsumen ini sesuai dengan perkiraan ekonom sebelumnya. Secara tahunan, tingkat pertumbuhan harga konsumen meningkat menjadi 8,5 persen di bulan Maret dari 7,9 persen di bulan Februari, tertinggi sejak Desember 1981

Lonjakan harga konsumen terjadi karena harga bensin meroket sebesar 18,3 persen, terhitung lebih dari setengah kenaikan bulanan. Selain itu harga makanan juga melonjak 1,0 persen.

Sementara itu, laporan menunjukkan harga konsumen inti, yang tidak termasuk harga makanan dan energi, naik tipis sebesar 0,3 persen di bulan Maret setelah naik 0,5 persen di bulan Februari. Kenaikan core CPI atau inflasi inti mencerminkan kenaikan harga tempat tinggal bersama dengan kenaikan harga tiket pesawat, perabot dan operasi rumah tangga, perawatan medis, dan asuransi kendaraan bermotor.

Harga konsumen inti naik 6,5 persen tahun ke tahun di bulan Maret, mencerminkan kenaikan dari kenaikan 6,4 persen di bulan Februari. Pertumbuhan tahunan tersebut merupakan peningkatan terbesar sejak Agustus 1982.

Lonjakan harga energi membantu mendorong inflasi IHK utama hingga tertinggi baru 40 tahun di 8,5% pada bulan Maret tetapi, dengan efek dasar yang ditetapkan menjadi jauh lebih menguntungkan.