Dolar AS Naik Tertinggi 20 Tahun Terhadap Yen

342

(Vibiznews – Forex) Dolar AS naik pada hari Selasa ke level tertinggi baru 20 tahun terhadap yen Jepang dan menguji level tertinggi dua tahun terhadap euro, didukung oleh imbal hasil Treasury AS yang meningkat.

Indeks dolar AS, yang mengukur dolar ASterhadap enam mata uang lainnya, naik melewati 101 untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun. Itu menetap di 100,89.

Penguatan dolar paling mencolok terhadap yen, naik ke level tertinggi terhadap mata uang Jepang sejak Mei 2002. Itu terakhir naik 1,24% pada 128,55 yen.

Dolar AS telah naik 5,4% pada yen sejauh bulan ini, yang akan menjadi persentase kenaikan bulanan terbesar kedua sejak 2016 setelah bulan lalu 5,8%.

Euro pulih beberapa alasan, diperdagangkan 0,14% lebih tinggi terhadap dolar pada $ 1,0795, tetapi tetap berada di bawah level terendah dua tahun minggu lalu di $ 1,0756.

Ekspektasi bahwa Federal Reserve AS akan memperketat kebijakan moneternya terus memberikan dukungan terhadap dolar AS.

Inflasi AS “terlalu tinggi”, Presiden Bank Federal Reserve St. Louis James Bullard mengatakan pada hari Senin ketika ia mengulangi kasusnya untuk meningkatkan suku bunga menjadi 3,5% pada akhir tahun.

Sementara itu, BoJ telah melakukan intervensi untuk menjaga imbal hasil obligasi pemerintah Jepang 10-tahun sekitar 0% dan tidak lebih tinggi dari 0,25%.

Banyak investor memperkirakan yen akan terus jatuh. Data CFTC terbaru untuk pekan yang berakhir 12 April menunjukkan posisi net short yen adalah yang terbesar dalam tiga setengah tahun.

Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki membuat peringatan paling eksplisit terhadap kemerosotan yen baru-baru ini pada hari Selasa, dengan mengatakan kerusakan ekonomi dari pelemahan mata uang saat ini lebih besar daripada manfaatnya.

Di tempat lain, sterling turun 0,17% menjadi $1,2986, terlihat dari level terendah 17-bulan terhadap dolar $1,2973, yang dicapai minggu lalu.

Dolar Australia naik 0,56% dari level terendah satu bulan Senin dan berada di $0,739, mendapat dukungan dari risalah yang diterbitkan Selasa dari pertemuan kebijakan April Reserve Bank of Australia, yang menyarankan bank sentral semakin dekat untuk menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya. dalam lebih dari satu dekade.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, dolar AS berpotensi naik dengan ekspektasi kenaikan suku bunga AS dan kenaikan imbal hasil Treasury AS.