Imbal Hasil Treasury AS Naik Terpicu Kekhawatiran Kenaikan Inflasi dan Suku Bunga

403
Global Bond

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS naik pada Selasa, terpicu kekhawatiran kenaikan inflasi dan kebijakan moneter yang lebih ketat.

Imbal hasil Treasury 10-tahun patokan naik 6 basis poin menjadi 2,923% pada pukul 9 pagi ET, mencapai level yang tidak terlihat sejak akhir 2018. Imbal hasil pada obligasi Treasury 30-tahun naik hampir 5 basis poin hingga mencapai 3%. Hasil bergerak berbanding terbalik dengan harga dan 1 basis poin sama dengan 0,01%.

Kekhawatiran seputar kenaikan inflasi dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi telah membuat investor menjual obligasi selama beberapa bulan terakhir, mendorong imbal hasil.

Data yang dirilis minggu lalu menunjukkan harga konsumen dan produsen terus meningkat di bulan Maret, memicu keyakinan investor bahwa Federal Reserve dapat meningkatkan kenaikan suku bunganya, dalam upaya untuk mengendalikan inflasi ini.

Perang Rusia-Ukraina telah memperburuk tekanan harga. Bank Dunia mengatakan Senin bahwa mereka telah memangkas perkiraan pertumbuhan global tahunan untuk 2022 dari 4,1% menjadi 3,2%.

Militer Ukraina mengatakan dorongan ofensif Rusia yang telah lama diharapkan ke Ukraina timur telah dimulai, dengan serangan intensif pada Senin di distrik operasional Slobozhansky dan Donetsk di utara dan timur negara itu.

Dalam berita ekonomi, perumahan baru dan izin bangunan pada bulan Maret datang di atas ekspektasi, menurut perkiraan dari Dow Jones.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, imbal hasil Treasury masih berpotensi naik dengan kekhawatiran kenaikan inflasi dan kenaikan suku bunga dapat membuat investor menjual obligasi dan meningkatkan imbal hasil.