Imbal Hasil Treasury AS Meningkat Tertinggi Hampir 4 Tahun

550
Global Bond

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS naik pada Senin dan imbal hasil 10-tahun naik ke level tertinggi sejak November 2018 di tengah kekhawatiran lonjakan tekanan inflasi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Imbal Hasil Treasury 10-tahun bearad di atas 3,17% tetapi terakhir turun 4 basis poin menjadi 3,087%. Imbal hasil obligasi Treasury 30-tahun menjadi 3,218%. Hasil bergerak berbanding terbalik dengan harga, dan 1 basis poin sama dengan 0,01%.

Imbal hasil 10-tahun menembus di atas 3% pada awal pekan lalu setelah The Fed mengumumkan langkah kebijakan moneter terbarunya.

The Fed menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin, tetapi upaya bank sentral untuk memerangi kenaikan inflasi dengan kenaikan suku bunga yang lebih agresif juga telah memicu kekhawatiran bahwa ini berpotensi menyeret pertumbuhan ekonomi.

Bank of America pada hari Senin merevisi target akhir tahun untuk obligasi 2-tahun dan 10-tahun masing-masing menjadi 3,5% dan 3,25%, mencatat bahwa mereka memperkirakan imbal hasil turun pada 2023 sebagai tanda-tanda perlambatan ekonomi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan imbal hasil Treasury dapat bergerak lemah dengan kekhawatiran kenaikan inflasi dan kenaikan suku bunga The Fed dapat menyebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi.