Kekuatan Nikkei 7 Juni Sedikit Tergerus, Pelemahan Yen Beri Support

297
nikkei

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Jepang ditutup sedikit lebih tinggi pada perdagangan hari Selasa (7/6/2022) setelah alami profit taking jelang penutupan pasar.Indeks harian Nikkei naik moderat dan memperpanjang posisi tertinggi 2 bulan yang dicapai perdagangan sebelumnya.

Sentimen investor masih positif awal sesi di tengah optimisme atas pembukaan kembali ekonomi Jepang yang sedang berlangsung saat bersiap untuk menyambut wisatawan internasional. Selain itu pelemahan yen dan juga komitmen tak tergoyahkan untuk pelonggaran moneter yang agresif juga mengangkat harga.

Sebagai informasi, Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda mengatakan pada hari Senin bahwa yen yang lemah akan menguntungkan penyedia layanan yang dilanda pandemi di wilayah regional karena Jepang akan membuka kembali pintunya untuk turis asing dari hari Jumat.

Indeks harian Nikkei ditutup naik 23 poin atau 0,1% menjadi 27.944. Namun untuk indeks Topix naik 0,41% menjadi 1.947. Demikian indeks Nikkei berjangka bulan Juli 2022 bergerak positif dengan naik 100 poin atau 0,36% ke posisi 28010.

Secara sektoral Nikkei diperkuat oleh lonjakan mayoritas saham sektor perusahaan yang terkait dengan sumber daya, manufaktur dan industri dengan keuntungan kuat dari saham Osaka Titanium (7%), Inpex Corp (3,1%), Mitsubishi Heavy Industries (2%) dan W-Scope Corp (8,1%). Saham produsen mobil Jepang juga memberikan dorongan indeks, dengan kenaikan saham Toyota Motor (1,3%) dan Honda Motor (2,5%).

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting