Bursa Eropa Bergerak Turun Tertekan Pelemahan Data Manufaktur dan Jasa

257

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak lemah pada hari Kamis, setelah merosotnya data PMI manufaktur Zona Eropa dan menjelang pidayto Ketua The Fed AS, memicu kekhawatiran resesi.

Indeks Stoxx 600 Eropa melayang tepat di bawah garis datar pada sore hari, setelah sebelumnya turun lebih dari 1,2%. Bank turun 1,6% sementara utilitas naik 1,4%.

Indeks FTSE bergerak turun 0,72%. Indeks DAX bergerak melemah 1,41%. Indeks CAC bergerak lemah 0,41%.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, Aroundtown turun 7,6% ke dasar indeks blue chip Eropa setelah JPMorgan menurunkan peringkat saham perusahaan real estat menjadi “underweight” dan memangkas target harga.

Di bagian atas indeks, perusahaan IT Prancis Atos melonjak lebih dari 8% setelah media Prancis melaporkan bahwa pemerintah akan mendukung kemungkinan merger dengan perusahaan kedirgantaraan rekan senegaranya Thales.

Saham Eropa ditutup lebih rendah pada hari Rabu, membalikkan kenaikan yang dibuat di sesi sebelumnya karena volatilitas global berlanjut dan sentimen pasar bergeser ke pengaturan yang lebih negatif di tengah kekhawatiran atas lonjakan inflasi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Saham berjangka AS beragam dalam perdagangan premarket pada hari Kamis setelah indeks utama tergelincir ke zona merah pada akhir perdagangan reguler, dan investor mempertimbangkan kemungkinan resesi setelah komentar dari ketua Federal Reserve Jerome Powell.

Powell mengatakan kepada Kongres pada hari Rabu bahwa bank sentral “berkomitmen kuat” untuk menurunkan inflasi setelah suku bunga mencapai level tertinggi 40 tahun di Amerika Serikat. Dia juga mencatat bahwa resesi adalah “kemungkinan” – ketakutan yang terus membebani Wall Street.

Sementara itu di pasar Asia-Pasifik semalam, sentimen juga beragam karena investor terus memantau kekhawatiran resesi.

Di sisi data di Eropa, perkiraan singkat dari PMI Prancis dan Jerman (indeks manajer pembelian) untuk Juni datang lebih lemah dari yang diharapkan, menambah kekhawatiran resesi.

PMI komposit Jerman, yang menangkap aktivitas manufaktur dan jasa, turun menjadi 52,0 dari 54,8 Mei, di bawah perkiraan 54,0 oleh analis dalam jajak pendapat Reuters. Pembacaan komposit Prancis berada di 52,8, turun dari 57,0 pada Mei.

PMI zona euro yang lebih luas juga turun tajam menjadi 51,9 di bulan Juni dari 54,8 di bulan Mei, dengan perkiraan para ekonom di 53,9. Pembacaan yang lemah menunjukkan “perjuangan berat” yang dihadapi sektor manufaktur zona euro.

Di tempat lain, bank sentral Norwegia mengumumkan kenaikan mengejutkan sebesar 50 basis poin ke suku bunga acuan pada hari Kamis, kenaikan tunggal terbesar di negara itu sejak 2002.

Langkah tersebut mengambil tingkat kebijakan dari 0,75% menjadi 1,25%, dan Gubernur Bank Norges Ida Wolden Bache mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kemungkinan akan dinaikkan menjadi 1,5% pada bulan Agustus.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan hasil pidato ketua The Fed AS yang jika mensinyalkan kebijakan agresif, dapat menekan bursa Eropa.