Wall Street Memburuk, Pasar Asia-Pasifik Turun, Bursa Hongkong Libur

348
asian-market

(Vibiznews – Index) – Pasar Asia-Pasifik berbalik dari kenaikan dan merosot pada hari pertama kuartal baru karena investor mencerna data aktivitas pabrik yang positif dari survei swasta di China.

Nikkei 225 di Jepang menyerahkan kenaikan sebelumnya untuk kehilangan 0,72%, dan Topix turun 0,52%.

Sentimen pada produsen besar Jepang memburuk pada periode April-Juni, menurut survei sentimen bisnis tankan triwulanan Bank of Japan. Indeks utama untuk sentimen produsen besar berada di 9, penurunan dari pembacaan kuartal sebelumnya di 14.

Di Korea Selatan, Kospi juga berbalik arah, jatuh 0,19%, dan Kosdaq turun 0,52 persen.

S&P/ASX 200 Australia melawan tren regional dan naik 0,57 persen.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,1 persen.

Pasar China

Pasar China Daratan turun. Shanghai Composite turun 0,3%, sedangkan Komponen Shenzhen berada tepat di bawah garis datar.

Indeks Manajer Pembelian manufaktur Caixin/Markit untuk bulan Juni telah dirilis Jumat ini dan menunjukkan angka 51,7, di atas level 50 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi, lebih tinggi dibandingkan dengan pembacaan bulan lalu 48,1. Sementara menurut para analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan 50,1.

Pembacaan PMI berurutan dan mewakili ekspansi atau kontraksi dari bulan ke bulan. Level 50 memisahkan kontraksi dari ekspansi.

PMI resmi untuk Juni berdiri di 50,2, kembali ke pertumbuhan setelah tiga bulan, menurut data yang dirilis Kamis.

Pasar di Hong Kong ditutup pada hari Jumat untuk liburan.

Kota ini memperingati 25 tahun penyerahannya dari Inggris ke China pada hari Jumat. Presiden China Xi Jinping melakukan perjalanan ke Hong Kong pada hari Kamis dan Jumat untuk acara tersebut. Ini adalah perjalanan pertamanya ke luar China daratan sejak Covid melanda.

Kepala eksekutif baru Hong Kong, John Lee, dilantik pada hari Jumat. Lee, seorang loyalis Beijing, adalah satu-satunya kandidat dalam pencalonan untuk menggantikan pemimpin sebelumnya, Carrie Lam.

Di Wall Street, saham AS menutup kuartal kedua tahun ini lebih rendah. S&P 500, yang mengalami paruh pertama terburuk dalam lebih dari 50 tahun, turun hampir 0,9% menjadi 3.785,38.

Sementara itu, Dow Jones Industrial Average tergelincir 253,88 poin atau 0,8% menjadi 30.775,43, dan Nasdaq Composite mundur 1,3% menjadi 11.028,74.

Ketika ekonomi AS melambat dan konsumen berbelanja lebih sedikit, arus kas untuk perusahaan akan terpukul dan saham kemungkinan akan jatuh lebih jauh, menurut Rebecca Patterson, kepala strategi investasi di Bridgewater Associates.

Mata Uang

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, berada di 104,817.

Yen Jepang diperdagangkan pada 135,83 per dolar, setelah sempat melemah melewati level 137 awal pekan ini. Dolar Australia berada di $0,6885.

Minyak berjangka naik di perdagangan Asia. Minyak mentah AS naik 0,61% menjadi $ 106,40 per barel, sementara minyak mentah acuan internasional Brent naik 0,69% menjadi $ 109,78 per barel.

Selasti Panjaitan/Vibiznews