Nikkei Awal Pekan Tertinggi Hampir 2 Pekan, Stabilitas Politik Jepang Terjaga

418
nikkei
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham  Jepang awal pekan berhasil memperpanjang keuntungan sesi sebelumnya pada perdagangan hari Senin (11/7/2022) dengan menguat cukup signifikan.

Indeks harian Nikkei ditutup pada level tertinggi dalam setidaknya dua minggu dengan sumbangan penguatan saham-saham kapital besar oleh bantuan pelemahan yen Jepang.

Sentimen investor meningkat setelah Partai Demokrat Liberal yang berkuasa dan mitra koalisinya Komeito meningkatkan mayoritas mereka di majelis tinggi dalam pemilu pada hari Minggu.

Kemenangan partai berkuasa yang baru kehilangan tokoh berpengaruh Shinzo Abe karena ditembak beberapa hari sebelumnya menandakan stabilitas politik jangka panjang di Jepang terjaga.

Indeks harian Nikkei ditutup menguat 282 poin atau 1,11% menjadi 26.812, tertinggi sejak 29 Juni. Demikian indeks Topix naik 1,44% menjadi 1.915.

Untuk indeks Nikkei berjangka bulan Juli 2022 bergerak positif dengan ditutup menguat 40 poin atau 0,15% ke posisi 26650.

Semua sektor berpartisipasi dalam penguatan indeks hari ini dengan sumbangan besar dari saham kelas berat seperti saham SoftBank Group (0,9%), Toyota Motor (1,9%), Fast Retailing (0,9%), Sony Group (2,1%) dan Mitsubishi UFJ (2,1%).

Pergerakan sebaliknya terjadi pada saham  pembuat peralatan pembuat chip Tokyo Electron turun 1,4% setelah Nomura Securities memangkas peringkat perusahaan menjadi netral dari beli.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting