Yen Akhir Pekan Melonjak; Menuju Kenaikan Mingguan Terbesar Dalam 4 Bulan

698
yen usdjpy

(Vibiznews – Forex) Yen Jepang melonjak pada hari Jumat dan berada di jalur untuk kenaikan mingguan terbesar dalam empat bulan terhadap dolar AS setelah data menunjukkan ekonomi terbesar dunia secara tak terduga berkontraksi pada kuartal Juni.

Pasar berjangka memperkirakan bahwa suku bunga AS akan mencapai puncaknya pada Desember tahun ini dibandingkan dengan Juni 2023 pada awal Juli dan Federal Reserve akan memangkas suku bunga sebesar 50 bps tahun depan untuk mendukung perlambatan pertumbuhan.

Hasil dari penurunan cepat dalam ekspektasi kenaikan suku bunga ini telah menjadi pendorong besar bagi pelemahan dolar terhadap yen dengan greenback merosot hampir 2,5% versus yen Jepang minggu ini, penurunan mingguan terbesar sejak akhir Maret.

Terhadap dolar, yen naik 0,8% pada hari Jumat menjadi 133,17 yen ke level tertinggi sejak pertengahan Juni.

Dolar AS secara luas sedikit lebih lemah di tempat lain pada hari Jumat juga, dan indeks dolar menuju kerugian mingguan kedua berturut-turut. Itu turun 0,5% menjadi 105,680, terendah sejak 5 Juli.

Tapi selera risiko dibatasi dengan euro berjuang untuk tetap di atas level $ 1,02 di tengah kekhawatiran ekonomi zona euro mengarah ke resesi pada akhir tahun.

Mata uang safe-haven termasuk franc Swiss diminati pada hari Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya dolar AS berpotensi lemah dengan kenaikan suku bunga sesuai perkiraan, sehingga menguatkan mata uang safe haven lainnya seperti Yen.