Pertumbuhan Industri Jasa Juli AS Naik Tak Terduga, Didukung Peningkatan Pesanan Baru

452
wall street
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Industri jasa AS secara tak terduga meningkat pada bulan Juli karena pesanan baru tumbuh dengan kuat, mendukung pandangan bahwa ekonomi tidak dalam resesi meskipun PDB merosot di paruh pertama.

Survei Institute for Supply Management (ISM) pada hari Rabu juga menunjukkan kemacetan pasokan berkurang, dengan ukuran harga yang dibayarkan oleh bisnis turun paling banyak sejak 2017. Tetapi kekurangan tenaga kerja, terutama pengemudi truk, tetap ada.

IMP non-manufaktur ISM rebound ke pembacaan 56,7 bulan lalu dari 55,3 pada Juni, mengakhiri tiga penurunan bulanan berturut-turut. Tiga belas industri, termasuk pertambangan, administrasi publik dan perdagangan grosir melaporkan pertumbuhan. Tapi pertanian, kehutanan, perikanan dan perburuan, serta perdagangan eceran dan keuangan dan asuransi menurun.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan PMI non-manufaktur turun menjadi 53,5. Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi di sektor jasa, yang menyumbang lebih dari dua pertiga kegiatan ekonomi AS.

Rebound yang mengejutkan menyusul survei manufaktur ISM pada hari Senin yang menunjukkan aktivitas pabrik melambat secara moderat bulan lalu. Itu sangat kontras dengan survei S&P Global yang menunjukkan sektor jasa menyusut pada Juli.

Pemerintah melaporkan pekan lalu bahwa ekonomi mengalami kontraksi 1,3% pada periode Januari-Juni.

Perubahan liar dalam persediaan dan defisit perdagangan yang terkait dengan rantai pasokan global yang kacau sebagian besar harus disalahkan. Namun, momentum ekonomi secara keseluruhan telah mendingin karena Federal Reserve secara agresif memperketat kebijakan moneter untuk melawan inflasi.

Ukuran pesanan baru ISM yang diterima oleh bisnis jasa melonjak ke 59,9 dari 55,6 di bulan Juni. Bisnis melaporkan kenaikan ekspor.

Aktivitas jasa didukung oleh pergeseran pengeluaran dari barang. Tapi ada tanda-tanda kelemahan yang tumbuh.

Bisnis akomodasi dan layanan makanan melaporkan bahwa “penjualan restoran telah melunak dalam beberapa minggu terakhir.” Bisnis dalam manajemen perusahaan dan sektor jasa pendukung mengatakan mereka “dapat merasakan pelemahan ekonomi,” dan bahwa “klien membuat langkah yang tepat untuk mengantisipasi resesi.”

Pengecer mengatakan mereka “dalam mode pengurangan inventaris, mencoba mencocokkan tingkat inventaris dengan tren penjualan yang lebih rendah saat ini.” Di sektor administrasi publik, ada “tekanan kekurangan pasar kerja bagi pekerja yang memenuhi syarat untuk meningkatkan upah dan tunjangan lainnya.”

Pengukur lapangan kerja industri jasa ISM meningkat menjadi 49,1 dari 47,4 pada Juni, yang merupakan pembacaan terendah sejak Juli 2020. Meskipun permintaan untuk pekerja di industri seperti konstruksi, perdagangan grosir dan eceran berkurang, tenaga kerja tetap kekurangan pasokan. Pemerintah melaporkan pada hari Selasa bahwa ada 10,7 juta lowongan pekerjaan pada akhir Juni, dengan 1,8 lowongan untuk setiap orang yang menganggur.

Ukuran survei pengiriman pemasok turun menjadi 58,3 dari 61,9 di bulan Juni, membantu memperlambat laju kenaikan inflasi jasa. Angka di atas 50 menunjukkan pengiriman yang lebih lambat. Barang-barang seperti peralatan, perangkat keras komputer, komponen listrik, produk kertas serta jarum dan alat suntik tetap kekurangan pasokan.

Ukuran harga yang dibayarkan oleh industri jasa untuk input turun menjadi 72,3, angka terendah sejak Februari 2021, dari 80,1 pada Juni. Penurunan 7,8 poin persentase terbesar sejak Mei 2017. Ini menunjukkan bahwa inflasi mungkin telah mencapai puncaknya.