Bisnis Ritel Inggris Pulih Tak Terduga dari Kontraksi 2 Bulan Berturut

473
inggris
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy) Bisnis ritel Inggris secara tak terduga pulih pada Juli 2022 ditopang oleh  meningkatnya penjualan online, setelah kontraksi 2 bulan berturut.

Namun sentimen konsumen mencapai rekor terendah baru pada periode Agustus 2022 di tengah krisis biaya hidup yang semakin tinggi yang disebabkan oleh kenaikan inflasi.

Kantor Statistik Nasional Inggris laporkan penjualan ritel naik 0,3 persen, rebound dari penurunan 0,2 persen di bulan Juni setelah diperkirakan turun 0,2 persen pada Juli.

United Kingdom Retail Sales MoM

Tidak termasuk bahan bakar mobil, penjualan ritel naik 0,4 persen, mengalahkan ekspektasi untuk penurunan 0,2 persen. Pada bulan Juni, penjualan telah naik 0,2 persen.

Volume penjualan keseluruhan adalah 2,3 persen di atas level pra-coronavirus Februari 2020.

Proporsi penjualan ritel online naik menjadi 26,3 persen di Juli dari 25,3 persen di Juni.

Penjualan toko makanan naik tipis 0,1 persen di bulan Juli. Penjualan toko non makanan turun 0,7 persen.

Penjualan bahan bakar otomotif turun 0,9 persen dengan alasan bahwa gelombang panas di seluruh bagian Inggris  telah mengurangi perjalanan.

Pada skala tahunan, volume penjualan ritel turun pada kecepatan yang lebih lambat sebesar 3,4 persen setelah turun 6,1 persen pada bulan Juni.

Meskipun demikian, laju penurunan sedikit lebih cepat dari perkiraan ekonom sebesar -3,3 persen.

Demikian juga, penurunan tahunan dalam penjualan ritel, tidak termasuk bahan bakar mobil, turun menjadi 3,0 persen dari 6,2 persen di bulan sebelumnya.

Sebagai laporan tambahan, indeks sentimen konsumen GfK turun ke -44 pada Agustus, terlemah sejak pencatatan dimulai pada 1974, dari -41 pada Juli.