Bursa Saham AS Berakhir Moderat, Indeks Dekati Tertinggi 4 Bulan

448
wall street

(Vibiznews – Index) – Terjadi pergerakan indeks yang fluktuatif pada bursa saham AS setelah retreat dari puncak tinggi 4 bulan dan berakhir  moderat pada Jumat  (19/8).

Indeks Dow Jones  naik tipis  0,1 persen menjadi 33.999,04, indeks Nasdaq naik 0,2 persen menjadi 12.965,34 dan indeks S&P 500 naik tipis  0,2 persen menjadi 4.283,74.

Perdagangan berombak di Wall Street terjadi merespon rilis data ekonomi yang mixed dan  ketidakpastian tentang prospek ekonomi global.

Data klaim pengangguran AS mingguan secara tak terduga menunjukkan penurunan moderat, demikian Philly Fed manufacturing ekspansif di bulan Agustus dari negatif.

Namun  penjualan rumah yang ada untuk bulan keenam berturut-turut, terendah sejak Mei 2020.

Dan indeks Conference Board menunjukkan penurunan berkelanjutan untuk indikator ekonomi utama AS di bulan Juli.

Secara sektoral sebagian besar moderat kecuali pada saham energi dan jaringan alami lonjakan signifikan.

Saham energi pimpin penguatan dengan Philadelphia Oil Service Index melonjak 4,7%,  NYSE Arca Natural Gas Index melonjak 2,5% dan NYSE Arca Oil Index naik 2,2%.

Untuk saham jaringan tercermin dari lonjakan 2,9 persen oleh NYSE Arca Networking Index.

Saham Cisco Systems (CSCO) memimpin sektor jaringan  dengan melonjak 5,8% setelah melaporkan hasil fiskal kuartal keempat yang lebih baik dari perkiraan.

Sebaliknya saham emas memimpin pelemahan dengan  NYSE Arca Gold Bugs Index turun sebesar 3,5 persen.

Saham maskapai penerbangan juga tertekan dengan  penurunan 2,7 persen oleh NYSE Arca Airline Index.

Saham semikonduktor  mengalami pelemahan signifikan  mengakibatkan penurunan 2,5 persen oleh Philadelphia Semiconductor Index.