Hang Seng Bersiap Raih Gain Mingguan Yang Tinggi

423
hang seng

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham Hong Kong akhir pekan kembali cemerlang dengan indeks Hang Seng melompat ke posisi tertinggi 2 pekan.

Hang Seng yang sempat anjlok ke posisi terendah dalam 5 bulan pertengahan pekan, melonjak naik hingga cetak gain harian terbesar dalam 4 bulan pada akhir sesi hari Kamis.

Lompatan lanjutan pembukaan Jumat (26/8) mendapat kekuatan dari keuntungan bursa saham Wall Street semalam.

Indeks Hang Seng naik 122 poin atau 0,61% ke level tertinggi dua minggu di 20.090  menuju lonjakan 1,6% untuk kinerja minggu ini.

Sementara itu, pemerintah Beijing dan AS mendekati kesepakatan yang memungkinkan regulator akuntansi Amerika melakukan perjalanan ke Hong Kong untuk memeriksa catatan audit perusahaan China yang terdaftar di AS.

Lonjakan saham sesi Kamis kemarin di-support berita stimulus baru dari pemerintah Beijing senilai CNY1 triliun yang diluncurkan minggu ini.

Berita tersebut telah meredakan kecemasan dalam penantian yang cemas akan pidato utama ketua Fed AS Powell pada pertemuan Jackson Hole malam ini.

Secara sektoral, dipimpin oleh saham perawatan kesehatan, real estat, dan energi.  Saham Wuxi Bio melonjak 4,6%, sementara China Overseas dan Bilibili masing-masing melonjak 3,6%, dan 2,9%.

Untuk pergerakan selanjutnya, indeks Hang Seng diperkirakan akan ditutup pada zona positif oleh pembukaan yang lebih tinggi, yang di-support laporan neraca dagang Hong Kong.