Pelemahan di Wall Street Berlanjut Hingga Turun ke Terendah 1 Bulan

380
wall street
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Pelemahan di bursa Amerika berlanjut di awal pekan dengan semua indeks  Wall Street terjun ke posisi terendah 1 bulan lebih.

Pada penutupan Selasa dinihari (30/8), indeks Dow Jones turun 0,6% menjadi 32.098,99, Nasdaq merosot  1% menjadi 12.017,67 dan S&P 500 turun  0,7% menjadi 4.030,61.

Kekhawatiran tentang prospek suku bunga masih membebani pasar menyusul pidato hawkish Ketua Federal Reserve Jerome Powell di simposium ekonomi Jackson Hole.

Pernyataan Powell lebih hawkish daripada yang diinginkan investor, menandakan The Fed kemungkinan akan terus menaikkan suku bunga secara agresif.

Sentimen pelemahan berikutnya akibat kekhawatiran pertempuran Fed melawan inflasi akan menyebabkan perlambatan ekonomi yang berkelanjutan.

Secara sektoral, saham semikonduktor memimpin pelemahan dengan  menyeret Philadelphia Semiconductor Index turun 1,9 persen ke level terendah dalam lebih dari 1 bulan.

Disusul oleh saham farmasi, sebagaimana tercermin dari penurunan 1,3 persen oleh NYSE Arca Pharmaceutical Index.

Sementara itu pergerakan sebaliknya terjadi pada saham energi yang melawan tren turun di tengah kenaikan tajam harga minyak mentah.