Yen Merosot Terendah 32 Tahun

492

(Vibiznews – Forex) Dolar AS meningkat di atas mata uang utama pada hari Kamis karena imbal hasil Treasury memuncak pada tertinggi multi-tahun, sementara yen jatuh ke level terendah baru 32-tahun dan membuat pasar waspada terhadap tanda-tanda intervensi.

Inflasi yang naik dari Inggris, Kanada dan Selandia Baru minggu ini juga menunjukkan bahwa bank sentral di seluruh dunia jauh dari menjinakkan inflasi yang tinggi selama beberapa dekade bahkan dengan mengorbankan pertumbuhan ekonomi, memicu ketakutan resesi dan memicu permintaan untuk safe haven dolar.

Terhadap dolar AS yang meningkat, yen kembali menembus level terendah baru 32 tahun. Pound, euro dan mata uang lainnya juga menderita kerugian di awal perdagangan Asia.

Indeks dolar AS naik 0,05% menjadi 113,04, setelah melonjak hampir 1% semalam.

Patokan imbal hasil Treasury AS 10-tahun naik menjadi 4,148%, level tertinggi sejak pertengahan 2008, sementara imbal hasil Treasury dua tahun menyentuh tertinggi 15-tahun 4,58%.

Yen Jepang mencapai palung baru 149,96 per dolar, dan terakhir dibeli 149,95.

Yen yang rapuh telah mengalami penurunan beruntun selama 11 sesi berturut-turut pada penutupan Rabu, dan telah memperbarui posisi terendah 32 tahun selama enam sesi terakhir.

Bulan lalu, Jepang melakukan intervensi di pasar valuta asing untuk membeli yen untuk pertama kalinya sejak 1998, dalam upaya untuk menopang mata uang yang babak belur.

Di tempat lain, sterling turun 0,2% menjadi $ 1,12005, bahkan ketika data yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan bahwa lonjakan terbesar dalam harga pangan sejak tahun 1980 mendorong inflasi Inggris kembali ke dua digit bulan lalu.

Angka inflasi melanjutkan minggu yang bergejolak untuk pound, setelah Jeremy Hunt awal pekan ini membatalkan rencana ekonomi Perdana Menteri Liz Truss dan mengurangi subsidi energinya yang besar.

Mata uang euro turun 0,1% menjadi $0,9762.

Mata uang Australia turun 0,2% menjadi $0,6258.

Data pada hari Kamis menunjukkan bahwa tingkat pengangguran Australia tetap di dekat posisi terendah lima dekade di 3,5% pada bulan September, meskipun ada tanda potensi pelonggaran di pasar tenaga kerja yang sangat ketat karena lapangan kerja naik jauh lebih kecil dari yang diharapkan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, dolar AS akan memperoleh sentimen bullish kenaikan agresif suku bunga AS pada pertemuan The Fed awal November mendatang.