Bursa Eropa Senin Ditutup Naik; GDP Q3 Zona Eropa Menjadi Perhatian

541
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup naik pada hari Senin mencerna data inflasi AS terbaru juga peringatan dari pejabat tinggi Federal Reserve.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup naik 0,1%, setelah berjuang untuk melepaskan diri dari garis datar sepanjang sesi. Saham teknologi berakhir 1% lebih tinggi dalam perdagangan hari yang beragam, sementara layanan keuangan dan saham perjalanan dan liburan keduanya turun 1,3%.

Indeks FTSE berakhir naik 0,92%. Indeks DAX ditutup naik 0,62%. Indeks CAC berakhir naik 0,22%.

Pasar global menerima dorongan minggu lalu dari angka inflasi utama AS, yang menunjukkan harga telah naik kurang dari yang diharapkan pada bulan Oktober. Investor menyambut baik pembacaan inflasi, memperkirakan bahwa Federal Reserve akan segera memperlambat kenaikan suku bunganya.

Gubernur Fed Christopher Waller menyarankan pada konferensi di Sydney pada hari Senin bahwa pasar mungkin telah bereaksi berlebihan terhadap laporan CPI minggu lalu, dan mengatakan pembuat kebijakan masih memiliki “cara untuk pergi” sebelum siklus kenaikan berakhir.

Indeks DAX Jerman naik untuk sesi ketiga berturut-turut, mencapai level yang terakhir dicapai pada 9 Juni. Itu naik 20% dari level terendah dalam dua tahun yang dicapai pada 29 September.

Produsen senjata Jerman Rheinmetall termasuk di antara saham Eropa berkinerja terbaik pada hari Senin, naik 8,2% dalam perdagangan sore, setelah menyetujui pengambilalihan sistem Expal Spanyol.

DAX melihat di antara reli terbesar karena pasar global menyambut tanda-tanda pendinginan inflasi AS pekan lalu, meskipun Federal Reserve AS mengindikasikan kenaikan suku bunga lebih lanjut masih akan datang, dan saran kelemahan dalam ekonomi zona euro.

Saham AS dibuka lebih rendah pada hari Senin karena investor mengambil nafas dari reli pasar pekan lalu.

Dow Jones Industrial Average dibuka tepat di bawah garis datar, sedangkan S&P 500 turun 0,6% di awal transaksi. Nasdaq Composite diperdagangkan turun 1,3%.

Saham Rheinmetall naik 7,5% pada sore hari setelah produsen senjata Jerman mengumumkan kesepakatan untuk membeli perusahaan bahan peledak dan amunisi Spanyol Expal Systems seharga 1,2 miliar euro ($ 1,24 miliar).

Di bagian bawah Stoxx 600, perusahaan minyak dan gas Inggris Harbour Energy turun 7,5%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa saham Eropa akan mencermati data GDP Growth Rate Q3 Zona Eropa, yang jika terealisir menurun akan menekan bursa saham Eropa.