Bursa Jepang Selasa Ditutup Naik Terdukung Penguatan Saham Produsen Mobil

324

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei 225 naik 0,61% menjadi 28.116 sementara Indeks Topix yang lebih luas bertambah 1,12% menjadi 1.995 pada hari Selasa, memperpanjang kenaikan dari sesi sebelumnya, dengan hampir semua sektor berakhir di wilayah positif.

Namun, investor tetap berhati-hati menjelang risalah pertemuan Federal Reserve AS yang dapat memberikan petunjuk tentang lintasan kenaikan suku bunga AS, sambil memantau situasi Covid di China.

Kenaikan kuat terlihat dari produsen mobil, perawatan kesehatan dan perusahaan terkait komoditas seperti Toyota Motor (2,4%), Mitsubishi Motor (3,9%), Takeda Pharmaceutical (1,4%), Olympus Corp (2,7%), Nippon Steel (1,8%) dan Osaka Titanium (2,8%).

Dalam berita perusahaan, Shionogi melonjak 2,8% menyusul laporan bahwa badan pengawas Jepang mengonfirmasi kemungkinan kemanjuran obat Covid-19 perusahaan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Jepang akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street dan sentimen kenaikan suku bunga AS, yang jika memberikan sentimen bearish akan menekan bursa Jepang.