UPDATE Rekomendasi EUR/USD 9 Desember 2022: Bertahan Di Atas 1.0500.

530

(Vibiznews – Forex) EUR/USD kehilangan daya tariknya dan turun ke bawah 1.0550 di sekitar 1.0538 selama jam perdagangan sesi AS hari Jumat. Namun dengan indeks utama di Wall Street diperdagangkan mendatar, pasangan matauang ini berhasil melepaskan diri dari tekanan bearish dan tetap pada jalur akan mengakhiri minggu ini dengan posisi tidak banyak berubah.

Pada awal perdagangan hari Jumat, EUR/USD sempat melanjutkan kenaikannya ke arah 1.0600 setelah sebelumnya berhasil membukukan angka harian tertinggi di 1.0555 pada hari Kamis.

Terjadinya rebound pada indeks saham utama AS di bursa saham AS, Wall Street, membuat dollar AS yang safe – haven kesulitan mendapatkan permintaannya.

Namun dalam perdagangan paruh ke dua hari Jumat, dollar AS berbalik menguat setelah munculnya data inflasi AS yang lebih panas daripada yang diperkirakan dan data Consumer Sentiment Index dari Universitas Michigan yang juga lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Universitas Michigan mengatakan angka pendahuluan dari Consumer Sentiment Index naik ke 59.1, turun dari angka revisi November di 56.8. Angka ini juga mengatasi yang diperkirakan dengan konsensus memperkirakan angka yang kurang lebih tidak berubah.

Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan Producer Price Index (PPI) naik 0.3% bulan lalu setelah angka bulan Oktober direvisi menjadi 0.3%. Angka yang keluar ini adalah lebih panas daripada yang diperkirakan dengan para ekonom memperkirakan kenaikan hanya sebesar 0.2%.

Laporan ini juga mengatakan bahwa inflasi tahunan naik 7.4%, juga lebih panas daripada yang diperkirakan. Konsensus memperkirakan inflasi tahunan naik hanya sebatas 7.2%.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0490 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0445  dan kemudian 1.0406. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0550 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0585 dan kemudian 1.0620.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido