Dolar Australia Tahun 2022 Merugi Lebih 6 Persen

487
audusd

(Vibiznews – Forex) Dolar Australia merugi lebih dari 6% pada tahun 2022, jatuh untuk tahun kedua berturut-turut karena pengetatan moneter agresif Federal Reserve AS, pelemahan ekonomi China dan perlambatan pertumbuhan global membebani mata uang.
Reserve Bank of Australia (RBA) juga melakukan perubahan dramatis pada kebijakan setelah berjanji akhir tahun lalu untuk mempertahankan suku bunga pada rekor terendah 0,1% pada tahun 2022, sebelum menaikkan suku bunga dengan agregat 300 basis poin selama delapan pertemuan berturut-turut.

RBA kini telah menaikkan suku bunga menjadi 3,1%, tertinggi sejak November 2012, dan mengatakan akan memperketat lebih lanjut dalam upaya berkelanjutan untuk menurunkan inflasi.

Tahun yang liar untuk komoditas juga memainkan peran besar dalam volatilitas aset Australia, karena komoditas utama awalnya menguat tahun ini karena gangguan pasokan yang disebabkan oleh Covid dan perang di Ukraina, sebelum menyerahkan sebagian besar keuntungan tersebut karena kenaikan suku bunga dan kekhawatiran resesi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya di awal tahun baru, Dolar Australia akan mencermati sentimen kenaikan suku bunga The Fed. Jika sentimen kenaikan suku bunga tetap agresif akan dapat menguatkan dolar AS dan menekan Aussie. Kekhawatiran perlambatan ekonomi dan resesi juga menjadi sentimen yang menekan Aussie.