Bursa Eopa Selasa Ditutup Naik Setelah Data Inflasi Jerman Menurun

348
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Eropa ditutup lebih tinggi pada Selasa setelah data inflasi Jerman Desember menurun, juga merespon pembukaan kembali China dan mencerna data inflasi.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup naik 1,2%, dengan hampir semua sektor berada di wilayah positif. Indeks perbankan Eropa naik 2,4% untuk memimpin kenaikan, sementara saham minyak dan gas melawan tren untuk mengakhiri sesi turun 0,7%.

Dari bursa utama, FTSE 100 Inggris ditutup naik 1,4%, sementara indeks DAX Jerman bertambah 0,8% dan CAC 40 Prancis naik 0,4%.

Jerman menerbitkan angka inflasi yang lebih rendah dari perkiraan untuk bulan Desember, turun menjadi 9,6% YoY. Mereka akan diikuti oleh angka inflasi dari Prancis pada hari Rabu, Italia pada hari Kamis, dan perkiraan sekilas untuk seluruh kawasan euro pada hari Jumat.

Pasar Inggris ditutup pada hari Senin. Saham di seluruh benua naik, karena data manufaktur zona euro mengindikasikan bahwa yang terburuk mungkin telah berlalu untuk blok mata uang beranggotakan 20 negara tersebut.

Angka-angka tersebut menawarkan harapan secercah harapan, setelah setahun dilanda kekhawatiran resesi karena bank-bank sentral di seluruh dunia menaikkan suku bunga secara agresif untuk mengendalikan inflasi yang melonjak.

Sementara itu, pasar di Asia-Pasifik beragam karena investor menimbang implikasi jangka pendek dari peningkatan infeksi virus corona di China terhadap potensi dorongan jangka panjang dari pembukaan kembali ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Indeks manajer pembelian Caixin menunjukkan penurunan lebih lanjut dalam aktivitas pabrik karena melonjaknya infeksi Covid-19. Tetapi survei tersebut juga menempatkan kepercayaan bisnis di sekitar prospek output 12 bulan pada level tertinggi sejak Februari 2022.

Saham A.S. goyah pada hari Selasa, melepaskan keuntungan sebelumnya, karena kekhawatiran seperti kenaikan suku bunga dan inflasi tinggi yang menjatuhkan pasar tahun lalu terus menyusahkan investor di tahun baru.

Bank sentral menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada bulan Desember setelah empat kenaikan berturut-turut sebesar 75 basis poin. Pasar akan tertarik untuk mengukur kemungkinan lintasan kebijakan moneter pada tahun 2023.

Hellofresh menduduki puncak indeks Stoxx pan-Eropa pada sore hari dengan kenaikan 8,7% setelah Goldman Sachs mengulangi peringkat “beli” sahamnya.

Layanan takeaway Just Eat dan Delivery Hero juga termasuk di antara perusahaan di bagian atas indeks, masing-masing memperoleh keuntungan 6,4% dan 5,5%.

Sektor makanan dan minuman naik 1% secara keseluruhan pada sore hari.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati hasil akhir bursa Wall Street dan hasil data inflasi di kawasan Eropa.