Bursa Eropa Akhir Pekan Ditutup Tertinggi 9 Bulan

676

(Vibiznews – Index) Bursa Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Jumat, membangun keuntungan dari sesi sebelumnya untuk mencapai level tertinggi sejak April 2022.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup naik 0,5%, sedikit memangkas kenaikan sebelumnya. Saham perawatan kesehatan bertambah 1,4% untuk memimpin reli sementara otomotif turun 1,7%.

Indeks FTSE ditutup naik 0,64%. Indeks DAX berakhir naik 0,19%. Indeks CAC ditutup meningkat 0,69%.

Investor di seluruh dunia memantau dengan cermat data inflasi untuk mengetahui berapa lama dan seberapa jauh pengetatan kebijakan moneter dari bank sentral akan berlangsung.

Di AS pada hari Kamis, laporan indeks harga konsumen bulan Desember sejalan dengan ekspektasi ekonom untuk penurunan bulanan sebesar 0,1% tetapi kenaikan harga konsumen sebesar 6,5% dari tahun ke tahun, dibandingkan dengan kenaikan bulanan sebesar 0,1% pada bulan November dan kenaikan tahunan sebesar 7,1%.

Presiden Federal Reserve Bank of Philadelphia Ed Harker mengindikasikan dalam pidatonya Kamis bahwa kenaikan suku bunga yang substansial berada di pandangan belakang, dengan inflasi tampaknya melewati puncaknya, menunjukkan bahwa sementara Federal Reserve perlu melanjutkan kenaikan, itu dapat dilakukan dalam 25 basis. peningkatan poin pada pertemuan mendatang.

Saham di Asia-Pasifik sebagian besar lebih tinggi pada hari Jumat, meskipun Nikkei 225 Jepang merosot 1,25%, terseret oleh penurunan tajam pemilik Uniqlo Fast Retailing serta kelemahan luas pada saham makanan dan elektronik.

Produk domestik bruto Jerman naik 1,9% untuk setahun penuh 2022, angka yang diterbitkan Jumat menunjukkan.

Ruth Brand, presiden Kantor Statistik Federal, mengatakan ekonomi Berlin telah dipengaruhi oleh perang di Ukraina, kenaikan harga energi, kekurangan bahan, kemacetan pengiriman, inflasi harga makanan dan pasar tenaga kerja yang ketat.

PDB Jerman 0,7% lebih tinggi pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2019, tahun terakhir sebelum dimulainya pandemi Covid-19.

Saham Kindred Group anjlok lebih dari 17% pada awal perdagangan ke dasar Stoxx 600 setelah perusahaan judi online yang berkantor pusat di Malta mengeluarkan peringatan laba kuartal keempat.

Di bagian atas indeks, saham United Internet Jerman naik 4% di tengah laporan bahwa unit hosting webnya Ionos mungkin memulai proses IPO sebelum akhir bulan.

PDB Inggris tumbuh 0,1% pada bulan November, menurut data dari Kantor Statistik Nasional, menentang ekspektasi ekonom dan mengurangi kemungkinan ekonomi memasuki resesi teknis pada kuartal keempat.

Jajak pendapat Reuters terhadap para ekonom memperkirakan kontraksi 0,2% di tengah gambaran keseluruhan yang suram untuk ekonomi Inggris.

Namun, dalam tiga bulan hingga akhir November, PDB menyusut sebesar 0,3%, menunjukkan bahwa resesi mungkin hanya ditunda daripada dihindari. Bank of England telah memproyeksikan bahwa ekonomi Inggris akan mengalami setidaknya empat kuartal resesi, rekor terlama.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati hasil akhir bursa Wall Street, yang jika naik akan menguatkan bursa Eropa dan sebaliknya.