Saham Teknologi Support Gain Wall Street, Nasdaq Tertinggi 5 Bulan

338
wall street nasdaq

(Vibiznews – Index) – Keuntungan masih terus mengalir di bursa saham Amerika Serikat yang berakhir Jumat dinihari (3/2) hingga mengangkat tinggi 2 indeks utamanya.

Saham-saham teknologi paling banyak diburu dan membuat Nasdaq mendaki ke posisi tertinggi  5 bulan, sedangkan  S&P500 naik ke tertinggi lebih 5 bulan.

Hanya Dow Jones yang merosot oleh profit taking saham yang sudah rally sebelumnya seperti Visa, Chevron, Nike dan Boeing.

Indeks Dow Jones turun tipis 0,1 persen menjadi 34.053,94 , indeks Nasdaq melonjak 3,3 persen ke 12.200,82,  S&P 500 melonjak  1,5 persen menjadi 4.179,76.

Lonjakan Nasdaq disumbang oleh saham Meta – Facebook  meroket 23,3 persen  setelah  melaporkan pendapatan kuartal keempat yang lebih baik dari yang diharapkan.

Sentimen juga didapat dari pengumuman suku bunga Federal Reserve dan  optimisme bahwa Fed mendekati akhir dari siklus kenaikan suku bunganya.

Untuk Dow Jones yang melemah sendiri dipicu oleh anjloknya saham Merck sebesar 3,3 persen setelah raksasa obat tersebut melaporkan proyeksi yang mengecewakan.

Dari laporan ekonomi, data klaim pengangguran AS di pekan yang berakhir 28 Januari turun  3.000 dari tingkat minggu sebelumnya di 186.000.

Laporan terpisah yang dikeluarkan oleh Departemen Tenaga Kerja menunjukkan produktivitas tenaga kerja AS melonjak lebih dari yang diharapkan pada Q4-2022.

Secara sektoral, saham maskapai pimpin penguatan dengan Arca Airline Index NYSE melonjak sebesar 5,7 persen. Terkecuali saham Boeing yang ditutup anjlok 2,5 persen.

Kekuatan lainnya pada saham perangkat lunak, yang terlihat dari lonjakan 3,8 persen oleh Indeks Perangkat Lunak Dow Jones AS.

Saham perumahan juga mengalami penguatan signifikan dengan lonjakan 3,3 persen  Philadelphia Housing Sector Index.