Wall Street Menguat Hadapi Rilis Data Inflasi AS, Dow Jones Tertinggi Sebulan

399
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) – Terjadi aksi pembelian saham yang murah di bursa Wall Street awal pekan yang berakhir Selasa (14/2), yang mengangkat tinggi semua indeks utamnya.

Ketiga indeks utamanya berhasil melewati sepekan yang suram pekan lalu dimana Dow Jones naik ke teringgi sebulan, Nasdaq dan S&P500 naik ke tertinggi sepekan.

Dow Jones melonjak  1,1 persen menjadi 34.245,93, Nasdaq melonjak 1,5 persen menjadi 11.891,79 dan S&P 500 melonjak 1,1 persen menjadi 4.137,29.

Aksi bargain hunting atau memburu saham murah di Wall Street terjadi setelah pekan lalu anjlok cukup signifikan karena kekhawatiran tentang prospek suku bunga Fed.

Namun Wall Street tetap tenang jelang laporan inflasi yang diperkirakan menunjukkan kenaikan  di bulan Januari, meskipun tingkat tahunan diperkirakan melambat.

Data inflasi dapat berdampak signifikan pada prospek suku bunga di tengah spekulasi  Federal Reserve akan menaikkan suku bunga lebih tinggi dari yang diperkirakan saat ini.

Secara sektoral, saham perangkat lunak memimpin penguatan dengan mendorong Indeks Perangkat Lunak Dow Jones AS naik sebesar 2,4 persen.

Disusul saham tembakau dengan kenaikan 2,1 persen oleh NYSE Arca Tobacco Index, berikutnya   saham perumahan, ritel, dan bioteknologi juga menguat signifikan.