Kospi 23 Februari Cetak Gain Karena Kebijakan Bank of Korea

472
kospi korea

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Korsel hari Kamis (23/2) membalikkan kerugian sesi sebelumnya merespon berhasilnya kebijakan moneter BOK untuk stabilkan inflasi.

Indeks Kospi rebound dari posisi terendah dalam sebulan lebih setelah Bank of Korea memutuskan tidak mengubah suku bunganya di 3,5% sesuai ekspektasi.

Keputusan bank sentral Korsel tersebut sekaligus mengakhiri kenaikan suku bunga selama satu tahun tanpa gangguan demi mengatasi inflasi yang terus-menerus tinggi.

Data terbaru juga menunjukkan bahwa inflasi produsen di Korea Selatan mencapai level terendah dalam hampir 2 tahun pada awal tahun, mereda selama 7 bulan berturut-turut.

Indeks Kospi ditutup menguat 0,89 persen menjadi 2.439,09 dengan indeks Kospi 200 berjangka bergerak positif dengan naik 1,11% ke posisi 319.44.

Hampir semua sektor berkontribusi kuatkan Kospi dengan sebagian besar saham berkapitalisasi besar berakhir lebih tinggi.

Saham pemimpin pasar Samsung Electronics bertambah 1,47 persen  dan raksasa chip SK hynix melonjak 4,04 persen.

Saham pembuat mobil terkemuka Hyundai Motor naik 1,15 persen, saham Samsung Biologics meningkat 0,13 persen  dan Celltrion berakhir datar .