Pasar Asia-Pasifik Mayoritas Bergerak Lebih Tinggi, Jumat (24/02)

339
asia

(Vibiznews – Index) – Pasar Asia Pasifik sebagian besar lebih tinggi pada hari Jumat (24/02) karena investor menunggu data ekonomi utama AS, serta perkembangan di Jepang.

Nikkei 225 Jepang naik 0,44%, sedangkan Topix naik 0,16% karena data menunjukkan inflasi naik 4,2% pada Januari, sesuai dengan ekspektasi.

Investor juga akan mengamati dengan seksama saat calon ketua bank sentral baru Kazuo Ueda berbicara di depan parlemen hari ini.

Di Australia, S&P/ASX 200 bergerak 0,32% lebih tinggi. Demikian juga dengan Indeks Kospi Korea Selatan memulai hari dengan naik 0,26%, sementara Kosdaq sedikit lebih tinggi.

Di Asia Tenggara, Malaysia diperkirakan akan melihat angka CPI untuk bulan Januari yang dirilis pada sore hari.

Singapura juga akan menunggu data produksi manufaktur bulan Januari, diperkirakan akan mencapai 2,9% secara tahunan.

Semalam di AS, saham ditutup lebih tinggi di tengah perdagangan yang bergejolak pada Kamis karena investor tetap khawatir tentang jalur kenaikan suku bunga Federal Reserve.

Ketiga indeks utama mengakhiri hari lebih tinggi, dengan S&P 500 menghentikan penurunan beruntun empat hari setelah menguat 0.5%. Dow Jones Industrial Average naik 0,33% dan Nasdaq Composite naik 0,72%.

Indeks harga konsumen nasional Jepang naik 4,2% dibandingkan tahun lalu di bulan Januari, demikian data yang dirilis pemerintah Jepang.

Selasti Panjaitan/Vibiznews/Head of Wealth Planning