Imbal Hasil Treasury 2 Tahun AS Melonjak Setelah Komentar Hawkish Powell

211
Global Bond

(Vibiznews Imbal hasil Treasury AS 2 tahun melonjak pada Selasa karena investor menilai komentar dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell yang mengatakan bank sentral mungkin perlu meningkatkan laju kenaikan suku bunga lagi.

Imbal hasil Treasury 2 tahun naik 6 basis poin menjadi 4,956%. Sementara itu, imbal hasil Treasury 10 tahun merosot 2 basis poin di 3,958% setelah sempat melampaui level 4% menyusul pernyataan Powell.

Hasil dan harga memiliki hubungan terbalik. Satu basis poin sama dengan 0,01%.

“Data ekonomi terbaru datang lebih kuat dari yang diperkirakan, yang menunjukkan bahwa tingkat suku bunga akhir kemungkinan akan lebih tinggi dari yang diantisipasi sebelumnya,” kata Powell dalam sambutannya yang disiapkan untuk dua penampilan minggu ini di Capitol Hill.

“Jika totalitas data menunjukkan bahwa pengetatan yang lebih cepat diperlukan, kami akan siap untuk meningkatkan laju kenaikan suku bunga,” tambah Powell.

Komentar tersebut menunjukkan bahwa tingkat terminal tingkat dana federal bisa lebih tinggi dari yang ditunjukkan sebelumnya, dan bahwa investor dapat mengharapkan kenaikan suku bunga yang mungkin lebih besar dari kenaikan 25 basis poin terbaru pada pertemuan kebijakan bank sentral berikutnya.

The Fed telah menerapkan langkah-langkah kebijakan, termasuk delapan kenaikan suku bunga berturut-turut sejak Maret 2022, karena berjuang untuk mendinginkan ekonomi dan mengurangi inflasi.

Dalam beberapa minggu terakhir, pejabat Fed telah mengisyaratkan bahwa suku bunga masih bisa naik lebih tinggi dan tetap tinggi lebih lama. Itu terjadi karena putaran terakhir data inflasi menunjukkan bahwa tekanan dari kenaikan harga terus berlanjut.

Baik cetakan inflasi grosir dan konsumen meningkat untuk bulan Januari, datang lebih tinggi dari yang diharapkan pada basis bulanan, seperti halnya pembacaan indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi bulan Januari. Yang terakhir adalah salah satu alat pengukur inflasi yang disukai Fed.

Serangkaian data ekonomi baru akan dirilis minggu ini termasuk laporan pekerjaan Februari pada hari Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, imbal hasil Treasury AS dapat bergerak naik dengan pernyataan hawkish ketua The Fed Jerome Powell untuk kenaikan suku bunga AS.