Hang Seng 15 Maret Pangkas Kerugian Sebelumnya, Bangkit dari Terendah 3 Bulan Lebih

325
hang seng

(Vibiznews – Indeks) – Terjadi aksi bargain hunting yang memberikan keuntungan bagi perdagangan bursa saham Hong Kong hari Rabu 15 Maret.

Indeks Hang Seng rebound dari posisi terendah dalam 3 bulan lebih dengan bangkitnya saham keuangan yang sebelumnya anjlok 3% ikuti penguatan Wall Street semalam.

Sentimen terangkat oleh meredanya kekhawatiran dampak jatuhnya 2 bank besar  di AS serta spekulasi Fed memilih kenaikan suku bunga yang lebih kecil pasca turunnya data inflasi AS.

Selain itu investor menyambut baik data resmi yang menunjukkan pemulihan di China meningkat pada awal tahun, dengan penjualan ritel kembali tumbuh.

Indeks Hang Seng naik  1,52% yang berakhir pada 19.539,87 dan indeks saham Cina Enterprise (HSCE) naik 1,88% ke posisi 6,559.86.

Demikian indeks Hang Seng berjangka bulan Maret 2023 bergerak negatif dengan ditutup naik 1,75% ke posisi 19602.

Penguatan sektoral dipimpin oleh saham teknologi dengan melonjak 2%, seperti saham Baidu Inc. melonjak 3,6% setelah OpenAI mengatakan mulai merilis model kecerdasan buatan yang dikenal sebagai GPT-4.

Selain itu disusul oleh lonjakan saham keuangan , konsumen, dan properti. Saham Innovent Biologics dan Giant Biogene Hlds. melonjak masing-masing 10,2% dan 9,2%.