Pasar Kripto Khawatirkan Prospek Kebijakan Fed, Bitcoin Kembali Melemah

447
Yuk Simak Perbedaan Investasi Saham dan Kripto

(Vibiznews – Technology) – Pasar Kripto kembali melemah karena sentimen pasar yang mengkhawatirkan keputusan terbaru Fed untuk pengetatan kebijakan moneternya.

Pasca gejolak perbankan di AS dan Eropa sempat membuat spekulasi bahwa Fed akan mengurangi langkah pengetatan kebijakannya.

Namuin meskipun kekhawatiran seputar sektor perbankan telah memudar, kekhawatiran akan stabilitas keuangan tetap ada. Karenanya diharapkan kenaikan Fed rate  lebih rendah.

Namun, pasar mewaspadai kemungkinan kenaikan yang sama atau lebih tinggi mengingat inflasi tetap jauh di atas target Fed.

Bank Sentral Eropa berpegang teguh pada komitmen kenaikan suku bunga sebesar 50 basis poin di latar belakang inflasi yang turun.

Sebagai pemimpin pasar kripto, Bitcoin (BTC) diperdagangkan 0,22 persen lebih rendah. Namun dengan harga saat ini $28.050, bitcoin masih mempertahankan kenaikan sebesar 7,7% secara minggu dan 69% dalam tahunan.

Bitcoin  telah menjadi pemenang terbesar sejak munculnya gejolak perbankan AS, telah meningkatkan pangsa pasar crypto mendekati 46,5%, disusul Ether dengan 18,8%.

Ethereum (ETH), koin alternatif utama telah naik 1,7 persen semalam. Dengan harga saat ini $1.795,57, Ether telah gain sebesar 3,3% secara mingguan dan 50% secara tahun.

XRP (XRP) peringkat ke-6 bertahan dari sentimen bearish untuk naik lebih dari 3,6 persen  di tengah Ripple Labs yang mengajukan pemberitahuan baru yang mendukung Fair Notice Defense melawan SEC.

Peringkat ke-7 Cardano (ADA) naik tipis  dan merupakan crypto peringkat tertinggi untuk diperdagangkan dengan kerugian mingguan. ADA telah turun hampir 5% dalam sepekan.

Polygon (MATIC) peringkat 8 dan Dogecoin (DOGE) peringkat 9 naik tipis kurang dari seperempat persen sedangkan Solana (SOL) peringkat 10 turun lebih dari 3%.

XDC Network (XDC) peringkat ke-76 melonjak lebih dari 20%. Koin kripto ini telah meningkat 44% dalam sepekan dan 68% pada tahun 2023.

Sebagai informasi, XDC merupakan koin dari blockchain yang kompatibel dengan Mesin Virtual Ethereum kelas perusahaan   dilengkapi dengan kontrak pintar.

Peringkat ke-47 Immutable (IMX), peringkat ke-63 Synthetix (SNX) dan peringkat ke-79 BitTorrentNew (BTT), semuanya menurun lebih dari 6%.