Bursa Eropa Jumat Ditutup Merosot Tertekan Pelemahan Saham Perbankan

449

(Vibiznews – Index) Pasar saham Eropa ditutup lebih rendah pada hari Jumat mengantisipasi kenaikan suku bunga bank sentral selama seminggu dan berita terbaru dari sektor perbankan.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup 1,4% lebih rendah, dengan hampir semua sektor membukukan penurunan.

Indeks FTSE 100 Inggris ditutup turun -1,26%.
Indeks DAX Jerman berakhir merosot -1.66%.
Indeks CAC 40 Perancis ditutup melemah -1.74%.

Pasar sedikit memangkas kerugian setelah Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde mengatakan kepada para pemimpin Uni Eropa bahwa sektor perbankan kawasan euro tangguh karena permodalan yang kuat, posisi likuiditas dan reformasi pasca-2008. Dia juga mengatakan perangkat ECB dilengkapi untuk menyediakan likuiditas ke sistem keuangan jika diperlukan.

Tetapi bank turun 3,8% meskipun ada jaminan. Citigroup minggu ini menurunkan peringkat sektor perbankan Eropa menjadi “netral” dari “kelebihan bobot”, mengutip dampak dari pengetatan kebijakan moneter yang berkelanjutan.

Deutsche Bank memangkas kerugian sebelumnya menjadi ditutup 8,5% lebih rendah, memperpanjang penurunan 3,2% pada hari Kamis setelah credit default swaps, suatu bentuk asuransi untuk pemegang obligasi, terdorong lebih tinggi.

UBS, Societe Generale, Barclays dan BNP Paribas berada di antara bank-bank yang turun tajam.

Saham minyak dan gas ditutup 2,8% lebih rendah, saham konstruksi turun 3,1% dan industri turun 2,5%.

Bank of England menaikkan suku bunga dasarnya sebesar 25 basis menjadi 4,25% pada hari Kamis dalam sebuah langkah yang dihargai oleh pasar setelah inflasi Inggris mencatat lonjakan yang mengejutkan. Bank sentral Swiss menaikkan suku bunga acuannya sendiri sebesar 50 basis poin. Kedua keputusan datang dalam bayang-bayang kenaikan Federal Reserve AS sebesar 25 basis poin.

Pasar global juga telah mencerna komentar terbaru dari Menteri Keuangan A.S. Janet Yellen, yang mengatakan pada hari Kamis bahwa tindakan darurat yang digunakan untuk mencadangkan pelanggan Silicon Valley Bank dan Signature Bank dapat diterapkan lagi di tengah kekhawatiran atas bank-bank regional A.S.

Pasar Asia-Pasifik ditutup beragam pada hari Jumat, sementara saham AS turun selama sesi pagi.

Bank Denmark Sydbank jatuh ke bagian bawah indeks Stoxx 600 pan-Eropa pada perdagangan sore dengan penurunan 11,3%.

Harga saham turun menjadi 291,80 krone Denmark ($42,01), titik terendah sejak 28 Desember.

Sydbank bergabung dengan bank-bank Eropa lainnya di bagian bawah indeks, termasuk Deutsche Bank, karena sektor ini terus menghadapi kejatuhan Credit Suisse dan investor mempertimbangkan risiko penularan.