Pasar Asia-Pasifik Mayoritas Bergerak Positip Setelah Libur Panjang Paskah

369
asian market

(Vibiznews – Index) – Pasar Asia-Pasifik sebagian besar lebih tinggi pada hari Senin (10/04) karena beberapa investor kembali dari akhir pekan Paskah yang panjang.

Nikkei 225 Jepang dibuka 0,65% lebih tinggi, dengan Topix melihat kenaikan lebih besar sebesar 0,8%. Kospi Korea Selatan 0,41% lebih tinggi, tetapi indeks Kosdaq 0,2% lebih rendah.

Pasar Australia dan Hong Kong tetap tutup karena libur Paskah selama empat hari hingga Senin.

India akan merilis angka defisit fiskal untuk bulan Maret, serta data perdagangan bulan Maret, sementara penjualan ritel india untuk bulan Februari juga akan dirilis.

Pekan lalu, saham A.S. mengakhiri minggu perdagangan singkat pada hari Kamis dengan ketiga indeks utama membukukan keuntungan.

S&P 500 naik 0,36%, sementara Nasdaq Composite yang padat teknologi mengungguli dengan kenaikan 0,76%, didorong oleh kenaikan saham Alphabet dan Microsoft.

Dow Jones Industrial Average naik tipis 2,57 poin lebih tinggi menjadi 33.485,29 setelah kehilangan lebih dari 150 poin pada sesi terendahnya.

Bank of Korea diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan stabil di 3,5% lagi dalam keputusan kebijakan moneternya pada hari Selasa besok, menurut survei ekonom Reuters.

DBS adalah outlier dalam survei dan mengharapkan BOK menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin menjadi 3,75%.

Bank sentral Korea Selatan dalam pertemuan terakhirnya di bulan Februari menghentikan siklus pengetatannya setelah tujuh kali kenaikan suku bunga berturut-turut sejak Maret 2022.

Jajak pendapat Reuters juga memperkirakan bank sentral akan mulai memangkas suku bunga sebanyak 50 basis poin pada kuartal pertama 2024 dan lebih jauh lagi pada kuartal ketiga dan keempat tahun depan.

Selasti Panjaitan/Vibiznews/Head of Wealth Planning