Wall Street Dorong Pasar Asia-Pasifik, Investor Tunggu Rilis Keputusan BOJ

411
asian

(Vibiznews – Index) – Pasar Asia-Pasifik naik pada hari Jumat (28/04) setelah Wall Street mencatat salah satu hari terbaiknya tahun ini, didukung oleh pendapatan dari emiten Big Tech.

Investor di Asia akan mengamati dengan seksama karena Bank of Japan menyimpulkan pertemuan kebijakan moneternya hari ini, yang pertama di bawah Gubernur BOJ baru, Kazuo Ueda.

Pasar Jepang semuanya lebih tinggi, dengan Nikkei 225 naik 0,86% dan Topix naik 0,91%. Selain pertemuan BOJ, Jepang juga akan merilis data pengangguran bulan Maret.

Di Australia, S&P/ASX 200 naik 0,29%, sedangkan Kospi Korea Selatan naik 0,35% dan Kosdaq naik tipis 0,28 persen.

Kontrak berjangka yang terkait dengan indeks Hang Seng Hong Kong lebih tinggi di 19.956, dibandingkan dengan penutupan terakhirnya di 19.840.

Semalam di AS, Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 mencatat hari terbaik mereka sejak Januari, masing-masing naik 1,57% dan 1,96%, sementara Nasdaq Composite juga ditutup lebih tinggi dari bulan terbaiknya di bulan Maret, naik 2,43%.

Tingkat pengangguran Jepang naik menjadi 2,8% di bulan Maret, dari 2,6% di bulan Februari, menurut data pemerintah.

Angka tersebut lebih tinggi dari perkiraan Reuters sebesar 2,5% dan menandai angka tertinggi sejak Januari 2022. Rasio pekerjaan terhadap pelamar negara berada di 1,32, di bawah perkiraan Reuters sebesar 1,34.

Sementara itu, produksi industri di bulan Maret naik 0,8% bulan ke bulan setelah naik 4,6% di bulan sebelumnya, melebihi perkiraan Reuters tentang kenaikan 0,5% untuk bulan tersebut.

Tahun ke tahun, pembacaan data produksi industry turun 0,8% di bulan Maret setelah penurunan 1,4% di bulan Februari.

Penguatan Indeks Produksi Industri untuk bulan Maret didorong oleh peralatan pembuat mobil, semikonduktor, dan panel datar, sementara penurunan terlihat pada chip memori dan panel LCD aktif.

Selasti Panjaitan/Vibiznews/Head of Wealth Planning