Bursa Eropa Senin Bergerak Naik Menjelang Pertemuan Bank Sentral

414
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa bergerak lebih tinggi pada Senin menjelang pertemuan bank sentral minggu ini di Amerika Serikat, Asia dan Eropa.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,4% pada pukul 8:40 pagi waktu London, dengan saham barang-barang ritel dan rumah tangga keduanya membukukan kenaikan sekitar 0,9%.

Indeks FTSE 100 terpantau naik 0,38%.
Indeks DAX bergerak menguat 1.04%.
Indeks CAC 40 bergerak meningkat 0,88%.

UBS Swiss bergerak lebih tinggi setelah mengumumkan telah menyelesaikan pengambilalihan Credit Suisse, mantan saingannya, yang akan menghentikan perdagangan. Berdasarkan ketentuan kesepakatan, pemegang saham Credit Suisse menerima satu saham UBS untuk setiap 22,48 saham beredar yang dimiliki.

Saham bank memperpanjang keuntungan menjadi 1% setelah mengatakan diperkirakan kerugian operasional Credit Suisse dan biaya restrukturisasi “signifikan” akan diimbangi dengan pengurangan aset tertimbang menurut risiko.

UBS Group yang diperbesar memiliki neraca $1,6 triliun dan tenaga kerja 120.000 orang, meskipun CEO Sergio Ermotti telah memperingatkan pemutusan hubungan kerja yang “menyakitkan” kemungkinan besar akan terjadi.

Federal Reserve AS akan mengumumkan langkah kebijakan moneter terbaru pada hari Rabu, sementara Bank Sentral Eropa akan mengikuti keputusannya pada hari Kamis. Pertemuan Bank of Japan akan berakhir pada hari Jumat.

Menurut CME FedWatch Tool, ada kemungkinan 70% bahwa Fed akan menghentikan kenaikan suku bunga dalam pertemuan bulan Juni.

Pasar Asia-Pasifik diperdagangkan beragam semalam, sementara kontrak berjangka S&P 500 sedikit berubah pada Minggu malam.

Saham UBS naik 1,1% setelah bank Swiss mengatakan telah menyelesaikan pengambilalihan mantan rival domestiknya Credit Suisse.

Kesepakatan itu diatur dengan tergesa-gesa pada bulan Maret, difasilitasi oleh regulator, di tengah kekhawatiran bahwa kerugian besar di Credit Suisse akan membuat sistem perbankan tidak stabil.

Pemerintah Swiss telah setuju untuk menutupi kerugian hingga 9 miliar franc Swiss ($ 10 miliar) di luar 5 miliar franc Swiss awal yang harus ditanggung UBS sebagai bagian dari kesepakatan, karena ini menyerap bisnis yang lebih berisiko.

UBS mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya mengharapkan biaya restrukturisasi “signifikan” dan kerugian operasional Credit Suisse untuk diimbangi dengan pengurangan aset tertimbang menurut risiko.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan bergerak naik dengan probabilitas The Fed mempertahankan suku bunga AS lebih meningkat. Namun juga jika sentimen kenaikan suku bunga bank sentral Eropa (ECB) menguat, akan menekan bursa Eropa.