Lompatan Data Klaim Pengangguran AS Menambah Keuntungan Wall Street

592
wall street

(Vibiznews – Index) – Saham-saham Wall Street kembali diburu investor hingga membuat indeks utamanya masuki rekor tinggi baru pada perdagangan yang berakhir Jumat dinihari (16/6).

Indeks Dow Jones melompat ke penutupan tertinggi 6 bulan, sedangkan  Nasdaq dan S&P500 bertahan di penutupan tertinggi 14 bulan.

Lonjakan saham di Wall Street  mencerminkan optimisme tentang prospek suku bunga setelah rilis data ekonomi AS terbaru.

Laporan klaim pengangguran  mingguan melompat  ke level tertinggi sejak Oktober 2021 dalam pekan yang berakhir 9 Juni, berada di 262.000.

Kemudian harga impor di AS turun jauh lebih banyak dari yang diperkirakan pada bulan Mei juga membangkitkan optimisme tentang prospek inflasi.

Sementara itu, laporan terpisah menunjukkan peningkatan penjualan ritel yang tidak terduga dan penurunan produksi industri yang tidak terduga.

Indeks Nasdaq melonjak  1,3% menjadi 34.408,06, Nasdaq melonjak  1,2% menjadi 13.782,82 dan S&P 500 melonjak  1,2% menjadi 4.425,84.

Secara sektoral penguatan dipimpin oleh saham perangkat lunak  dengan Indeks Perangkat Lunak Dow Jones A.S. melonjak sebesar 2,7% ke level tertinggi dalam lebih dari setahun.

Penguatan yang cukup besar juga muncul di antara saham-saham perumahan  sebagaimana tercermin dari kenaikan 1,7% oleh Philadelphia Housing Sector Index.

Saham transportasi juga menunjukkan pergerakan signifikan ke atas, mendorong Dow Jones Transportation Average naik 1,6% ke level penutupan terbaiknya dalam tiga bulan.