Kospi 26 Juni Bangkit dari Terendah dalam 7 Pekan Lebih

272
kospi

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Korea Selatan awal pekan hari Senin (26/6) bangkit dari pelemahan cukup signifikan oleh aksi bargain hunting investor asing.

Indeks Kospi rebound dari posisi terendah dalam 7 pekan lebih dengan perbandingan saham yang menguat 494 dengan 381 yang melemah.

Kospi awal sesi sempat tertekan imbas kerugian Wall Street akhir pekan lalu sebelum terangkat oleh keuntungan saham-saham otomotif dan teknologi.

Indeks Kospi ditutup naik 0,47% menjadi 2.582,20 dengan indeks Kospi 200 berjangka ditutup naik 0,57% ke posisi 340.38.

Sebagian besar saham berkapitalisasi besar naik secara keseluruhan yang dipimpin saham teknologi dan otomotif.

Saham pemimpin pasar Samsung Electronics naik lebih dari 1%, dan pembuat baterai teratas LG Energy Solution bertambah 0,18%.

Saham pembuat mobil Hyundai Motor dan Kia masing-masing naik 0,3% dan 2,52%, disusul oleh saham baja POSCO Holdings naik lebih dari 2%.

Selain itu saham perusahaan utilitas milik negara KEPCO naik lebih dari 4% dan saham Samsung Biologics bertambah 1,74% dan Celltrion 0,73%.

Saham Hyundai Engineering & Construction melonjak 6,25% pada kesepakatan dengan perusahaan minyak Arab Saudi Aramco untuk membangun pabrik petrokimia besar.

Pergerakan sebaliknya terjadi pada saham  SK hynix turun tipis 0,09%, dan produsen bahan kimia terkemuka LG Chem turun 0,85%.

Saham perusahaan energi teratas SK Innovation merosot lebih dari 6% setelah perusahaan mengumumkan rencananya untuk mendorong peningkatan modal disetor.