Penjualan Ritel AS Bulan Juni Menurun

364
wall street
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Penjualan ritel di AS naik 0,2% bulan ke bulan di bulan Juni 2023, menyusul kenaikan 0,5% yang direvisi naik di bulan Mei, tetapi di bawah perkiraan kenaikan 0,5%.

Peningkatan terlihat pada penjualan di pengecer aneka toko (2%); pengecer nontoko (1,9%); furnitur (1,4%); elektronik dan peralatan (1,1%); pakaian (0,6%); dealer kendaraan bermotor dan suku cadang (0,3%); dan jasa makanan dan tempat minum (0,1%).

Di sisi lain, penurunan terlihat pada penjualan SPBU (-1,4%); bahan bangunan dan peralatan taman (-1,2%); alat olah raga, hobi, musik dan buku (-1%); toko makanan dan minuman (-0,7%); toko kesehatan dan perawatan pribadi (-0,1%); dan toko barang dagangan umum (-0,1%).
Apa yang disebut penjualan ritel inti yang tidak termasuk mobil, bensin, bahan bangunan, dan layanan makanan melonjak 0,6%.

Data penjualan ritel terus menunjukkan belanja konsumen tetap tangguh, dengan inflasi turun ke level terendah dua tahun di bulan Juni. Penjualan eceran tidak disesuaikan dengan inflasi.