Bursa Eropa Jumat Ditutup Dominan Naik Mencerna Laporan Pendapatan Emiten

479
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Eropa ditutup sebagian besar lebih tinggi pada hari Jumat karena investor mencerna putaran baru pendapatan perusahaan dan menantikan pemilu Spanyol yang penting selama akhir pekan.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup 0,3% lebih tinggi, dengan sebagian besar sektor berada di wilayah positif. Barang-barang rumah tangga bertambah 1,2% untuk memimpin kenaikan, sementara saham pertambangan turun 1,5%.

Indeks FTSE 100 berakhir naik 0,23%
Indeks DAX ditutup turun -0.17%
Indeks CAC 40 berakhir menguat 0,65%

Saham di Asia-Pasifik beragam pada hari Jumat karena investor bereaksi terhadap angka inflasi Jepang, dengan indeks harga konsumen inti naik sedikit pada bulan Juni dari bulan sebelumnya.

Saham A.S. lebih tinggi karena Dow Jones Industrial Average menuju kenaikan sesi kesepuluh berturut-turut untuk pertama kalinya dalam hampir enam tahun. S&P 500 dan Nasdaq juga naik di awal perdagangan.

Kembali ke Eropa, Partai Konservatif Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengalami pukulan berat dalam serangkaian pemilihan sela Kamis malam, kehilangan dua kursi di parlemen dari oposisi utama Partai Buruh dan Demokrat Liberal sentris. Hasilnya tidak menyenangkan bagi partai yang berkuasa di Sunak menjelang pemilihan umum pada 2024.

Pemilih Spanyol menuju ke tempat pemungutan suara pada hari Minggu dalam pemilihan umum yang sangat penting yang dapat mengakhiri masa jabatan empat tahun Perdana Menteri sayap kiri Pedro Sanchez dan menandai pergeseran ke kanan di ekonomi terbesar keenam Eropa.

Musim pendapatan dimulai minggu depan, ketika bank-bank besar Eropa, perusahaan farmasi, pembuat mobil, raksasa energi, dan produsen pesawat semuanya akan melaporkan.

Saham pembuat baja Swedia SSAB anjlok lebih dari 14% pada sore hari setelah perusahaan membukukan penurunan pendapatan kuartal kedua yang lebih besar dari perkiraan dan memperingatkan penurunan lebih dalam permintaan Eropa pada kuartal ketiga.

Di bagian atas Stoxx 600, produsen teknologi kapal dan pembangkit listrik Finlandia Wartsila naik lebih dari 8%, sedikit memangkas kenaikan pembukaan setelah laporan pendapatan kuartal kedua yang lebih kuat dari perkiraan.

Penjualan ritel Inggris naik 0,7% bulan ke bulan di bulan Juni setelah dorongan dari cuaca hangat yang tidak biasa, Kantor Statistik Nasional mengungkapkan pada hari Jumat.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memproyeksikan kenaikan bulanan hanya 0,2%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya awal minggu depan, bursa Eropa akan mencermati data Manufaktur kawasan Eropa dan AS, yang jika terealisir meningkat, akan menguatkan bursa Eropa.