Yen Jepang Terdepresiasi Terendah Dalam Seminggu

170

(Vibiznews – Forex) Yen Jepang terdepresiasi melewati 140 per dolar, mencapai level terendah dalam seminggu setelah Gubernur Bank of Japan Kazuo Ueda mengatakan masih ada jarak untuk mencapai target inflasi 2% bank sentral secara berkelanjutan dan stabil, menunjukkan komitmen BOJ untuk kebijakan moneter ultra-longgar.

Mata uang juga melemah bahkan setelah data menunjukkan bahwa headline tahunan Jepang dan tingkat inflasi inti sedikit meningkat pada bulan Juni dan tetap di atas target BOJ.

Namun, yen tetap naik lebih dari 3% bulan ini, diuntungkan terutama dari penurunan tajam dolar karena data inflasi AS yang lebih dingin dari perkiraan meningkatkan harapan bahwa Federal Reserve mungkin mendekati akhir siklus kenaikan suku bunga.

Ancaman intervensi mata uang juga membayangi pasar, dengan otoritas Jepang meningkatkan peringatan lisan terhadap penjualan yen yang berlebihan setelah mata uang jatuh ke level kunci 145 per dolar pada akhir Juni.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, Yen Jepang akan mencermati keputusan suku bunga AS, yang jika meningkat sesuai proyeksi, akan dapat menekan mata uang Yen. Namun jika dolar AS turun dengan jeda kenaikan suku bunga, dapat menguatkan Yen Jepang.