Hang Seng 7 Agustus Flat Khawatirkan Disinflasi China

300
hang seng

(Vibiznews – Indeks) – Perdagangan bursa saham Hong Kong awal pekan hari Senin (7/8) ditutup nyaris flat setelah akhir pekan lalu rebound dari trend bearish pekan lalu.

Indeks Hang Seng naik tipis dan masih berada di kisaran terendah dalam sepekan lebih oleh tekanan jual cukup besar dari saham properti dan keuangan.

Sentimen masih dikhawatirkan  tentang disinflasi di China bertahan di tengah lemahnya permintaan dari rumah tangga dan bisnis.

Pasar juga khawatirkan data neraca perdagangan yang dirilis pekan ini, khususnya data ekspor dan impor yang diperkirakan memperpanjang penurunannya.

Indeks Hang Seng ditutup naik  0,03% menjadi ditutup pada 19.537,92 dengan indeks saham Cina Enterprise (HSCE) positif dengan menguat 0,03% ke posisi 6,734.31.

Demikian untuk indeks Hang Seng berjangka bulan Agustus 2023 bergerak flat  dengan ditutup sama dengan akhir pekan lalu di posisi 19527.

Sementara itu, data baru menunjukkan bahwa cadangan devisa China naik tipis di bulan Juli menjadi USD 3,20 triliun dari US$3,19 triliun di bulan Juni karena  lemahnya dolar AS.

Di Hong Kong, cadangan devisa bulan Juli mencapai level tertinggi 3 bulan sebesar US$421,6 miliar.