Suku Bunga Fed September Tidak Berubah, Proyeksi Sampai Akhir 2023 Masih Akan Naik

654
Fed

(Vibiznews – Economy) – Bank sentral Amerika Serikat atau Federal Reserve mengumumkan kebijakan suku bunganya tidak berubah sesuai perkiraan pasar.

Federal Reserve memutuskan untuk mempertahankan kisaran target suku bunga dana federal pada 5,25% – 5,50% setelah menaikkan sebesar 25 basis poin pada bulan Juli.

Namun untuk proyeksi kedepannya, Federal Reserve memperkirakan  kenaikan suku bunga lagi tahun ini dengan tingkat suku bunga rata-rata 5,6% pada akhir tahun 2023.

United States Fed Funds Rate

Meskipun perkiraan untuk akhir tahun tidak berubah dari bulan Juni, proyeksi terbaru menunjukkan suku bunga The Fed akan tetap lebih tinggi dalam waktu lebih lama dari perkiraan sebelumnya.

Pada bulan Juni, perkiraan suku bunga pada akhir tahun 2024 dinaikkan menjadi 5,1% dari 4,6%, untuk akhir tahun 2025 dinaikkan menjadi 3,9% dari 3,4%.

Ekspektasi suku bunga untuk tetap lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama  mencerminkan perbaikan penilaian terhadap perekonomian.

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan  bahwa aktivitas ekonomi telah berkembang pada  kecepatan yang solid dibandingkan dengan  kecepatan moderat yang dijelaskan pada bulan Juli lalu

Powell juga mengatakan perolehan lapangan kerja telah melambat dalam beberapa bulan terakhir namun tetap kuat dan mencatat inflasi tetap tinggi.

Dalam menentukan apakah kenaikan suku bunga di masa depan diperlukan, Powell mengatakan pihaknya akan mempertimbangkan pengetatan kebijakan moneter secara kumulatif, dampak kebijakan moneter terhadap aktivitas ekonomi dan inflasi.

Pertemuan kebijakan moneter The Fed berikutnya dijadwalkan pada tanggal 31 Oktober-1 November, dengan peluang 68% suku bunga tidak akan berubah dan peluang 31,3% untuk kenaikan sebesar 0,25%.