Penjualan Ritel September AS Naik Melebihi Perkiraan

383
wall street
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Penjualan ritel AS bulan September naik melebihi perkiraan, menunjukkan belanja konsumen yang kuat meskipun harga dan biaya pinjaman tinggi.

Penjualan ritel naik 0,7% pada bulan September, jauh di atas perkiraan Dow Jones sebesar 0,3%, menurut laporan awal Departemen Perdagangan yang dirilis Selasa. Tidak termasuk otomotif, penjualan naik 0,6%, juga jauh di atas perkiraan yang hanya sebesar 0,2%.

Angka-angka tersebut tidak disesuaikan dengan inflasi, sehingga menunjukkan bahwa konsumen mampu mengikuti kenaikan harga. Indeks harga konsumen, yang dirilis minggu lalu, menunjukkan inflasi utama naik 0,4% pada bulan September.

Penjualan pada pengecer aneka toko mencatat peningkatan terbesar (3%), diikuti oleh pengecer non-toko (1,1%), dealer kendaraan bermotor dan suku cadang (1%) dan SPBU (0,9%).

Peningkatan lainnya juga terjadi pada penjualan jasa makan & tempat minum (0,9%); toko kesehatan & perawatan pribadi (0,8%); toko makanan & minuman (0,4%); dan toko barang dagangan umum (0,4%).

Di sisi lain, penjualan datar di toko furnitur dan toko perlengkapan olah raga, hobi, alat musik & buku dan turun untuk barang elektronik & peralatan rumah tangga (-0,8%); toko pakaian (-0.8%) dan bahan bangunan & peralatan berkebun (-0.2%).