Bursa Jepang Rabu Berakhir Turun Menjelang Pidato Ketua The Fed

432
nikkei
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham Jepang ditutup turun pada hari Rabu, melemah untuk sesi kedua berturut-turut dengan kehati-hatian menjelang pidato Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell hari ini.

Indeks Nikkei 225 turun 0,33% menjadi ditutup pada 32.166 sementara Indeks Topix yang lebih luas turun 1,16% menjadi 2.306.

Di dalam negeri, survei swasta menunjukkan bahwa sentimen di kalangan produsen di Jepang membaik pada bulan November, meskipun laporan tersebut menyoroti prospek yang menantang di tengah “pemulihan ekonomi yang tidak merata.”

Penurunan tajam terlihat dari indeks kapital besar seperti Mitsubishi UFJ (-4.2%), Sumitomo Mitsui (-5%), Toyota Motor (-2.7%), Kawasaki Kisen (-2.1%) dan SoftBank Group (-2.9%).

Sementara itu, Nintendo (6,1%), Mazda Motor (10,4%), Suzuki Motor (3,2%) dan LY Corporation (5,7%) menguat karena kinerja perusahaan yang optimis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Jepang akan mencermati pidato ketua The Fed Jerome Powell, yang jika  memberikan sinyal hawkish untuk kenaikan suku bunga AS akan menekan bursa Jepang. Namun jika terjadi sinyal dovish untuk suku bunga AS, akan menguatkan bursa Jepang.