Bursa Hong Kong Senin Berakhir Naik Menjelang Pertemuan Biden – Xi Jinping

393
Foto : Vibizmedia

(Vibiznews – Index) Bursa saham Hong Kong berakhir naik pada hari Senin, menghentikan penurunan empat hari menjelang pertemuan minggu ini antara Presiden AS Joe Biden dan mitranya dari Tiongkok Xi Jinping.

Indeks Hang Seng naik 222,95 poin atau 1,3% menjadi berakhir pada 17,426.22.

Kedua pemimpin akan bertemu di California pada hari Rabu untuk pertemuan pertama mereka dalam satu tahun, untuk berupaya mempersempit perbedaan dalam banyak isu, termasuk pengendalian ekspor, ketegangan di Taiwan, dan perang di Timur Tengah dan Eropa.

Kenaikan ini didukung oleh semua sektor, terjadi setelah reli yang didorong oleh sektor teknologi di Wall Street pada hari Jumat setelah stabilisasi imbal hasil Treasury AS.

Alibaba Group melonjak 1,6% sementara JD.Com melonjak 1,8% setelah mengatakan penjualan mereka meningkat di festival belanja Singles’ Day.

Yang membatasi kenaikan ini adalah penurunan tajam dalam kontrak berjangka AS dan kehati-hatian menjelang rilis data penting dari Tiongkok pada akhir pekan ini.

Di antara penggerak terbesar hari ini adalah Kuaishou Tech (4,9%), KE Holdings (4,3%), Trip.Com (3,5%), Li Auto (3,0%), dan Tencent Hlds. (2,7%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Hong Kong akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street yang jika terealisir naik, akan menguatkan bursa Hong Kong. Namun jika terealisir turun, akan menekan bursa Hong Kong.