Dolar AS Senin Bergerak Turun Mendekati Level Terendah 2 Bulan

300
dolar kuat

(Vibiznews – Forex) Dolar AS bergerak melemah mendekati level terendah dalam dua bulan terhadap mata uang utama lainnya pada hari Senin, di tengah sentimen bahwa suku bunga AS telah mencapai puncaknya.

Terpantau indeks dolar AS bergerak turun 0,20% pada 103,60.

Indeks dolar AS telah jatuh hampir 2% pada minggu lalu, penurunan mingguan tertajam sejak bulan Juli, setelah serangkaian data ekonomi AS yang lebih lemah dari perkiraan dan khususnya, angka inflasi yang berada di bawah perkiraan, telah meningkatkan sentimen The Fed akan menghentikan kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Fokus saat ini beralih pada seberapa cepat penurunan suku bunga pertama dapat dilakukan, dengan perkiraan di masa depan ada kemungkinan 30% bahwa The Fed dapat mulai menurunkan suku bunga pada awal Maret mendatang, menurut alat CME FedWatch.

Euro berada di dekat level tertinggi dalam lebih dari dua bulan terhadap dolar AS pada hari Jumat dan terakhir dibeli $1.0900, bertahan stabil di $1.09235 menjelang pembacaan flash PMI di zona euro yang akan dirilis akhir pekan ini.

Penurunan dolar AS membawa kenaikan bagi yen Jepang, yang bergerak naik di 148,37 per dolar.

Poundsterling bergerak datar pada $1.24678,tidak jauh dari level tertinggi dua bulan di $1,2506 yang dicapai minggu lalu.

Dolar Australia, bergerak naik 0,47% menjadi $0,6546.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks dolar AS diperkirakan bergerak turun dengan sentimen The Fed akan menghentikan kenaikan suku bunga AS selanjutnya. Indeks dolar AS diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 103,30-103,16. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance 103,98-104,10.