Bursa Jepang Rabu Ditutup Turun Tertekan Profit Taking; Saham Mitsubishi dan Honda Merosot

339

(Vibiznews – Index) Bursa saham Jepang ditutup turun pada hari Rabu, tergelincir untuk sesi ketiga berturut-turut terpicu profit taking menyusul reli yang kuat di bulan November.

Indeks Nikkei 225 turun 0,26% menjadi ditutup pada 33.321, sedangkan Indeks Topix yang lebih luas kehilangan 0,51% menjadi 2.365.

Pasar juga menantikan data ekonomi penting minggu ini, dengan angka penjualan ritel dan produksi industri Jepang akan dirilis pada hari Kamis, sementara tingkat pengangguran akan dirilis pada hari Jumat.

Kerugian signifikan terlihat dari indeks kapital besar seperti Mitsubishi UFJ (-2.8%), Kawasaki Kisen (-3.3%), Kobe Steel (-4.3%), Mitsubishi Heavy Industries (-2.4%) dan Honda Motor (-1.4%).

Untuk mengimbangi kerugian tersebut, keuntungan terlihat dari Toyota Motor (1,7%), Asahi Group (0,8%) dan Recruit Holdings (1,9%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Jepang akan mencermati data Produksi Industri dan Retail Sales bulan Oktober yang jika terealisir naik, akan menguatkan bursa Jepang. Juga akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street, yang jika ditutup naik, akan menguatkan bursa Jepang. Sebaliknya jika bursa Wall Street ditutup turun, akan menekan bursa Jepang.