Imbal Hasil Treasury AS Kamis Bergerak Lemah Terpicu Proyeksi Pemotongan Suku Bunga The Fed

277

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS jatuh ke level terendah dalam beberapa bulan pada hari Kamis mencerna panduan Federal Reserve mengenai prospek tiga pemotongan suku bunga pada tahun 2024.

Imbal hasil Treasury 10-tahun turun lebih 8 basis poin menjadi 3,945%, menembus di bawah angka 4% untuk pertama kalinya sejak Agustus. Imbal hasil Treasury 2-tahun turun lebih dari 14 basis poin lebih rendah pada 4,336%.

Imbal hasil Treasury pertama kali jatuh pada hari Rabu ketika pertemuan kebijakan terbaru Federal Reserve berakhir dengan suku bunga tidak berubah, sesuai dengan ekspektasi.

The Fed juga mengindikasikan bahwa penurunan suku bunga sebanyak tiga kali dapat dilaksanakan tahun depan. Pemotongan lebih lanjut diperkirakan terjadi sepanjang tahun 2025 dan 2026, yang akan menempatkan suku bunga The Fed Funds di kisaran 2% hingga 2,25%.

The Fed juga menurunkan perkiraan inflasi tahun depan dari 2,6% menjadi 2,4%. Awal pekan ini, indeks harga konsumen menunjukkan bahwa harga telah meningkat sebesar 3,1% secara tahunan di bulan November.

Pada hari Kamis, investor akan mengamati rilis penjualan ritel bulan November, serta harga impor dan ekspor serta angka klaim pengangguran awal mingguan terbaru.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan imbal hasil Treasury AS bergerak lemah dengan adanya proyeksi The Fed untuk memotong suku bunga tiga kali pada tahun 2024.