Bursa Hong Kong Rabu Berakhir Naik; Sektor Keuangan dan Properti Menguat

381
Foto : Vibizmedia

(Vibiznews – Index) Bursa saham Hong Kong hari Rabu berakhir naik, mengikuti kenaikan bursa Wall Street pada hari Selasa di tengah prospek penurunan suku bunga The Fed tahun depan.

Indeks Hang Seng melonjak 284,43 poin atau 1,74% menjadi berakhir di 16.624,85 pada hari perdagangan pertama minggu ini.

Ketika pasar di Hong Kong dibuka kembali setelah akhir pekan yang panjang, saham-saham teknologi menguat setelah pelemahan pada hari Jumat, didorong oleh sinyal dari otoritas China bahwa mereka mungkin akan menarik kembali pembatasan permainan baru yang kontroversial.

Sektor konsumen, keuangan dan properti juga meningkat, setelah data baru menunjukkan kenaikan tahunan laba industri China sebesar 29,5% pada bulan lalu, dibantu oleh efek dasar yang menguntungkan dan langkah-langkah stimulus terbaru dari Beijing.

Sementara itu, media pemerintah baru-baru ini menyebutkan bahwa kebijakan makroekonomi di daratan pada tahun 2024 akan terus memberikan dukungan pemulihan perekonomian.

Tencent melonjak 4,6% sementara saingannya yang lebih kecil NetEase naik 12%. Perusahaan berkinerja terbaik lainnya adalah Li Auto (6,7%, Xiaomi Co. (4,0%), dan Meituan (2,7%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Hong Kong akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street, yang jika berakhir naik akan menguatkan bursa Hong Kong. Namun jika bursa Wall Street berakhir turun, akan menekan bursa Hong Kong.