Bursa Eropa Selasa Berakhir Lemah; Saham Pertambangan Memimpin Penurunan

276

(Vibiznews – Index) Bursa Eropa berakhir melemah pada hari Selasa, retreat dari kenaikan sebelumnya.

Indeks Stoxx 600 ditutup melemah 0,19%, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama berada di wilayah negatif.

Saham pertambangan memimpin penurunan, turun 1,35%, sementara saham layanan kesehatan naik 0,69% lebih tinggi.

Indeks FTSE 100 berakhir turun -0,13%.
Indeks DAX ditutup melemah -0.17%.
Indeks CAC 40 ditutup menurun -0,32%.

Pasar minggu ini menantikan rilis data inflasi AS terbaru dan pendapatan bank-bank besar untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut mengenai keadaan perekonomian, dan jalur penurunan suku bunga dari Federal Reserve.

Indeks harga konsumen bulan Desember akan dirilis pada hari Kamis, sedangkan indeks harga produsen akan dirilis pada hari Jumat.

Saham produsen obat Spanyol Grifols turun 26.8% pada hari Selasa, mengurangi beberapa kerugian sebelumnya setelah hedge fund Gotham City Research menyatakan bahwa rasio utang perusahaan kira-kira dua kali lipat dari yang dilaporkan secara resmi.

Di ujung lain Stoxx 600, perusahaan kabel Perancis Nexans naik 3.2% setelah menerima peringkat “beli” dari Berenberg.

Penjualan kendaraan Volkswagen naik 6,7% YoY pada tahun 2023 menjadi 4,87 juta, perusahaan mengumumkan pada hari Selasa, melampaui angka tahun 2022 di semua wilayah.

Penjualan kendaraan listrik dari produsen mobil Jerman itu melonjak 21,1% menjadi sekitar 394.000 unit.

Produksi industri Jerman secara tak terduga turun pada bulan November dibandingkan bulan sebelumnya, kata kantor statistik federal pada hari Selasa.

Produksi turun 0,7% dibandingkan bulan sebelumnya, secara musiman dan berdasarkan kalender, dari penurunan 0,3% yang direvisi naik di bulan Oktober.

Kontraksi tersebut menandai penurunan bulanan keenam berturut-turut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati pergerakan dari bursa Asia dan bursa Wall Street, jika bergerak positif, akan memberikan sentimen positif.